Tips Mengerjakan Soal HOTS (High Order Thinking Skills)

High Order Thinking Skills (HOTS) adalah jenis soal dengan kemampuan analisis tinggi dalam pengerjaannya. Tidak hanya diuji kemampuan menghafal siswa dituntut menganalisis soal secara dalam untuk menemukan jawaban yang benar. Jika belum terbiasa dengan soal ini, maka akan terasa sulit jika dikerjakan. Penggunaan soal HOTS dalam UNBK dan SBMPTN menimbulkan pro dan kontra. Kalangan kontra didominasi oleh kalangan siswa karena banyak siswa yang mengeluhkan soal yang sulit untuk dikerjakan. Alasan soal HOTS digunakan dalam soal soal ujian di Indonesia karena lemahnya tingkat literasi Indonesia. Oleh karena itu, tujuan penggunaan soal ini dalam UNBK dan SBMPTN 2019 adalah meningkatkan tingkat literasi dan kemampuan dalam menganalisis dari suatu masalah. Meskipun soal HOTS tergolong soal yang susah, kamu tetap dapat mengerjakan soal ini kok. Berikut adalah tips untuk mengerjakan soal HOTS, simak baik-baik.

 

  1. Menemukan Kata Kunci

 Soal HOTS memang berbelit-belit dalam penggunaan kata dan membutuhkan analisis yang tinggi. Tetapi jika kamu telah menemukan kata kunci dari pertanyaan tersebut, maka kamu dapat menjuruskan pemikiran terhadap kata kunci tersebut sehingga konteks dari pertanyaan tersebut tidak keluar dari alurnya.

 

  1. Memahami Konsep Bukan Menghafal

Kebanyak siswa-siswi dalam belajar menggunakan teknik menghafal bukan memahami. Dalam mengerjakan soal HOTS kemampuan memahami konsep adalah yang tidak kalah penting dari menghafal. Dengan soal yang berbelit-belit jika kamu memahami inti pertanyaan soal tersebut maka soal akan terasa sedikit lebih mudah.

 

BACA JUGA:  Yuk Ketahui Apa Saja Peraturan Baru di SBMPTN 2019!

 

  1. Memecahkan Soal Secara Sistematis

Soal HOTS berbentuk permasalahan yang terdiri dari rangkaian kasus yang panjang. Oleh karena itu, dalam menjawabnya dibutuhkan rangkaian yang sistematis agar tidak keliru. Kamu dapat membuat poin-poin yang diketahui dari soal tersebut, setelah itu kamu dapat mengerjakannya.

 

  1. Berlatih Banyak Soal

Terakhir adalah berlatih banyak soal HOTS. Soal HOTS yang beraneka ragam contohnya pasti akan keluar dalam ujian ujian tertentu. Jika belum terbiasa dengan soal tersebut, kamu pasti akan kesulitan dalam mengerjakannya. Oleh karena itu, dengan banyak berlatih mengerjakan banyak soal maka kamu akan mudah dan terbiasa dengan soal-soal HOTS yang rumit.

tips mengerjakan soal hots

Infografis dari IG @penerbitcmedia

 

info grafis hots

Infografis dari IG @penerbitcmedia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.