Tips dan Trik Mengikuti SBMPTN 2019

Selain jalur SNMPTN, jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lainnya adalah melalui ujian SBMPTN. SBMPTN (Selekesi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri) adalah salah satu tahap seleksi yang diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) untuk dapat berkuliah di PTN. Berikut terkait aturan baru SBMPTN 2019.

  1. Adanya LTMPT

 LTMPT atau Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi merupakan lembaga yang menyelenggarakan tes masuk PT bagi calon mahasiswa baru mulai tahun 2019. Dengan adanya LTMPT ini, manajemen data base penerimaan mahasiwa baru akan terintegrasi, peserta yang mendaftar di SNMPTN jika tidak diterima di SNMPTN dan akan mendaftar di SBMPTN tidak perlu mengisi data lagi, dan peserta yang sudah dinyatakan diterima di SNMPTN, otomatis tidak dapat mendaftar di SBMPTN.

  1. Perubahan Pola SBMPTN

Pada tahun sebelumnya mengikuti SBMPTN caranya adalah dengan mendaftar SBMPTN terlebih dahulu, setalah itu mengikuti ujiannya dan menunggu hasil, namun mulai tahun ini berubah polanya, yaitu mengikuti UTBK SBMPTN terlebih dahulu, kemudian mendapatkan skor hasilnya yang dapat digunakan untuk mendaftar SBMPTN secara online ke jurusan dan PTN yang dituju.

 

BACA JUGA: Tips Menghadapi Tes Potensi Skolastik dalam SBMPTN 2019

 

  1. Daya Tampung dan Jenis Tes

Daya tampung SBMPTN tahun 2019 sebesar 40% dari daya tampung prodi di PTN. Tes yang digunakan yaitu 100% berbasis komputer, UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer). UTBC (Ujian Tulis Berbasis Cetak) dihapuskan. Materi tes terbagi menjadi dua, yaitu TPS (Tes Potensi Skolastik) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) dengan kelompok ujian tetap sama, yaitu SAINTEK dan atau SOSHUM.

  1. Ketentuan Umum UTBK

 UTBK kelompok SAINTEK satu kali dan kelompok SOSHUM satu kali; atau kelompok SAINTEK dua kali; atau kelompok SOSHUM dua kali. Hasil UTBK hanya berlaku untuk mendaftar SBMPTN ditahun yang sama. Biaya tes sebesar Rp200.000 per tes. Informasi selanjutnya dapat dilihat di http://pendaftaran.sbmptn.ac.id

Dengan adanya beberapa perubahan ketentuan yang ada dalam SBMPTN tahun ini, membuat kamu harus lebih matang dalam mempersiapkannya sebaik mungkin agar dapat lolos SBMPTN. Berikut tip dan trik untuk dapat lolos SBMPTN.

  1. Mengurutkan Pilihan Sesuai Peringkat dan Peminatnya

Dalam pemilihan juruusan yang diinginkan kamu harus punya strategi untuk menyusun urutannya. Kamu harus mengurutkan pilihan jurusan pertama dengan peminat terbesar hingga terkecil. Hal yang perlu dipertimbangkan selain peminat adalah peringkat universitas tersebut.

  1. Usahakan Pilihan Jurusan Merupakan Jurusan yang Sama

Pada SBMPTN 2019, pendaftar dapat memilih paling banyak 2 PTN dan memilih paling banyak 2 program studi dalam satu PTN atau 2 PTN. Saat hendak memilih jurusan, usahakan jurusan tersebut adalah jurusan yang sama walaupun berbeda universitas. Hal tersebut membuktikan bahwa kamu fokus dan konsisten dalam memilih jurusan tersebut, sehingga peluang kamu untuk lolos dalam SBMPTN akan semakin besar.

  1. Mengikuti Try Out SBMPTN

Setelah menyusun strategi dalam memilih jurusan, hal yang tidak boleh dilupakan adalah berlatih dalam mengerjakan soal. Dengan begitu kemampuan kamu dalam mengerjakan soal akan semakin meningkat. Hasil try out tersebut juga dapat dijadikan evaluasi untuk meningkatkan kemampuan agar lebih baik lagi.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.