Strategi Untuk Belajar SBMPTN 2019

Ujian tulis berbasis komputer (UTBK) tidak lama lagi akan diselenggarakan. Menurut jadwal terbaru dari Lembaga Tes Perguruan Tinggi (LTMP), UTBK akan dilaksanakan mulai 13 April – 26 Mei 2019. Materi yang diujikan dalam UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kemampuan Akademik (TKA). TKA ini terbagi menjadi dua kelompok yaitu, Saintek dan Soshum. Mengikuti UTBK dijadikan syarat untuk kamu dapat mendaftarkan diri dalam SBMPTN 2019. Oleh karena itu, perlu persiapan yang matang agar kamu dapat meraih PTN yang kamu inginkan. Berikut adalah cara efektif dan efesien belajar SBMPTN.

  1. Membuat Target Waktu Belajar

Kamu harus membuat timeline belajarmu, agar proses belajarmu terarah. Buatlah jadwal belajar per minggunya, pelajaran dan materi apa yang harus kamu kuasi per minggunya. Kamu juga harus memasang target sekiranya kamu harus dapat mengerjakan berapa soal benar untuk dapat lolos SBMPTN di jurusan dan PTN yang kamu pilih, agar kamu dapat memacu dirimu untuk terus mendekati nilai/skor tersebut.

  1. Mempelajari Mata Pelajaran yang Disukai Terlebih Dahulu

Materi SBMPTN sangat banyak, tapi kamu dapat mencicilnya dengan mengurutkan mata pelajaran apa yang kamu sukai untuk kamu pelajari terlebih dahulu agar kamu dapat lebih menikmati proses pembelajaran. Tapi ingat jangan terlena dengan satu pelajaran saja, semua mata pelajaran harus kamu pelajari dan kamu buat prioritas materi apa yang wajib kamu kuasai di setiap mata pelajarannya.

  1. Memahami Konsep Bukan Menghafal

Dalam mengerjakan soal SBMPTN dibutuhkan pemahaman konsep yang baik bukan menghafal. Jika kamu menghafal maka kamu belum tentu memahaminya, karena soal SBMPTN memiliki tingkat penalaran yang cukup tinggi dan dalam satu soal dapat mengandung beberapa materi yang saling berkaitan dan harus dipahami agar kamu dapat memecahkan soal tersebut. Oleh karena itu, wajib hukumnya kamu memahami materi-materi yang sering keluar di ujian SBMPTN.

  1. Banyak Berlatih Soal

Langkah awal untuk mengetahui bagaimana tipe soal SBMPTN, kamu dapat mengerjakan soal-soal SBMPTN tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut berguna untuk mengetahui tingkat kesulitan soal. Selain itu bisa dijadikan tolak ukur sejauh mana kesiapan kamu untuk menghadapi SBMPTN. Dengan berlatih mengerjakan banyak soal, kamu akan terbiasa dan dapat mengerjakan soal dengan cepat dan tepat. Tidak menutup kemungkinan juga soal-soal yang kamu kerjakan untuk berlatih akan keluar di ujian SBMPTN yang sebenarnya, walaupun tidak sama persis namun langkah-langkah menjawabnya bisa jadi sama.

  1. Belajar Menggunakan Media Video

Belajar terus-terusan menggunakan buku yang tebal mungkin membuat dirimu gampang bosan. Kamu dapat menambah cara belajarmu dengan cara menonton video pembelajaran. Dengan media seperti video biasanya lebih mudah dipahami terutama untuk konsep yang membutuhkan penjelasan lebih dalam. Jika kamu tidak mengerti kamu dapat mengulangg video tersebut.

  1. Mengikuti Try Out 

Setelah tips-tips diatas sudah dilakukan, kamu dapat mengikuti try out sebagai uji coba sebelum UTBK SBMPTN yang sebenarnya dimulai. Hasil yang nanti didapat bisa dijadikan bahan evaluasi agar kamu dapat melihat kekuranganmu dan memperbaikinya untuk UTBK SBMPTN yang sebenarnya nanti.

Strategi telah kamu persiapkan, jangan lupa juga untuk terus belajar dan berlatih mengerjakan soal-soal SBMPTN agar kamu semakin siap bertarung mendapatkan kursi di jurusan PTN yang kamu inginkan. Buku Best Seller MEGA BANK SBMPTN SOSHUM 2019 dan MEGA BANK SBMPTN SAINTEK 2019 menjadi solusi cerdas untuk kamu yang ingin berlatih soal-soal SBMPTN 2019. Kamu akan mendapatkan informasi terkini SBMPTN 2019, 7 paket soal asli SBMPTN dan pembahasan, 7 paket try out SBMPTN 2019 dan pembahasan, 8 paket prediksi SBMPTN 2019 dan pembahasan, 1 paket software CBT SBMPTN 2019 dan Pembahasan, 3 Paket Ebook soal asli SBMPTN dan Pembahasan, software TOEFL Cmedia, free Apps Android dan Ebook. Dengan keunggulan-keunggulan tersebut buku ini akan menjadi bekal berharga buat Kamu mendapatkan jurusan dan PTN impianmu.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.