Tips Mengikuti Seleksi Mandiri Menggunakan Nilai UTBK SBMPTN

Pelaksanaan tes UTBK SBMPTN dilaksanakan 10 (sepuluh) kali dan setiap hari dilakukan 2 (dua) sesi, memungkinkan kamu untuk memilih jadwal yang tersedia untuk mengikuti tes tersebut. Setelah kamu mendapatkan nilai, nilai tersebut bisa digunakan untuk mendaftar untuk SBMPTN. Tetapi jika kamu ingin mencoba seleksi mandiri, nilai dari UTBK tersebut dapat digunakan untuk mendaftar di beberapa universitas negeri yang menerapkan seleksi mandiri menggunakan nilai SBMPTN.

 

Prosedur untuk mendaftar seleksi mandiri menggunakan nilai SBMPTN adalah dengan cara membuka portal universitas bersangkutan, lalu membuka pendaftaran jalur mandiri, kamu diminta untuk mengisi identitas diri dan nomor peserta SBMPTN serta tidak lupa membayar uang pendaftaran. Setelah itu kamu tinggal menunggu hingga pengumuman tiba. Berikut tips dan trik mengikuti seleksi mandiri ini agar kamu dapat lolos masuk PTN dengan seleksi mandiri menggunakan nilai UTBK SBMPTN.

 

  1. Mendaftar Tidak Hanya Satu Universitas

Tersedianya beberapa universitas yang menyediakan seleksi mandiri menggunakan nilai SBMPTN memungkinkan kamu untuk mendaftarnya lebih dari satu. Dengan begitu kesempatan kamu lolos semakin besar.

 

  1. Memilih Jurusan dengan Kuota Penerimaan yang Banyak

 Kuota yang banyak dapat mempengaruhi penerimaan di setiap seleksi. Apabila kamu mengikuti jalur mandiri, sebaiknya kamu memilih jurusan yang menerima banyak kuota. Oleh karena itu, kamu harus pintar-pintar mencari info mengenai jurusan yang memiliki kuota penerimaan yang besar, tetapi tetap merupakan jurusan yang kamu minati.

 

  1. Memprioritaskan Pilihan Pertama

Dalam mengurutkan jurusan yang diinginkan kamu harus mempertimbangkan sesuai nilai yang kamu punya. Jangan sampai kamu memasang target yang terlalu tinggi, karena pilihan pertama adalah prioritas. Jika nilai kamu sesuai dengan jurusan yang ada di pilihan pertama, peluang kamu akan semakin besar.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.