Tidak Lagi Sama, Sistem Penilaian SBMPTN 2018 Berubah

Sistem penilaian tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2018 ini berubah, tidak lagi sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Bersumber dari sekretarian SBMPTN via twitter @SekreSBMPTN, jika tahun-tahun sebelumnya sistem penilaian menggunakan skor 4 untuk jawaban benar, skor 0 untuk yang tidak dijawab, dan -1 untuk jawaban salah maka untuk tahun 2018 ini sistem penilaian tidak hanya memperhitungkan jumlah soal yang dijawab dengan benar dan salah akan tetapi memperhitungkan juga karakteristik tingkat kesulitan dari setiap soal, yaitu kategori soal mudah, sedang, dan sulit.

Metode penilaian ini dilakukan oleh panitia pusat SBMPTN, dengan melakukan 3 (tiga) tahapan. Tahap pertama, seluruh jawaban peserta akan diberi skor 1 untuk jawaban benar dan skor 0 untuk jawaban salah. Tahap kedua, dengan menggunakan teori respon butir (Item Response Theory) setiap soal akan dianalisis tingkat kesulitannya berdasarkan pada pola respon jawaban seluruh peserta SBMPTN tahun 2018 sehingga akan diketahui soal mana yang dikategorikan mudah, sedang, maupun sulit. Tahap ketiga, dilakukan pembobotan untuk masing-masing kategori tingkat kesuliatan soal untuk menghitung skor akhir yang didapat dari setiap peserta SBMPTN tahun ini.

Baca Juga:

 

Pemberlakuan sistem penilaian yang baru ini diterapkan untuk membedakan kemampuan masing-masing peserta SBMPTN karena selama ini diperoleh data bahwa banyak peserta yang lolos SBMPTN karena nilai totalnya tinggi, namun ternyata nilai yang tinggi tersebut tidak berasal dari materi ujian yang sesuai dengan program studi (prodi) pilihannya. Oleh karena itu, diharapkan dengan pemberlakuan sistem penilaian yang baru ini, skor yang diperoleh oleh peserta SBMPTN akan lebih ‘fair’ dan dapat membedakan kemampuan peserta SBMPTN dengan lebih baik.

Untuk Kamu yang akan mengikuti tes SBMPTN pada tahun ini mungkin harus sedikit melakukan perubahan strategi terhadap perubahan sistem penilaian ini mengingat jangka waktu pelaksanaan tes SBMPTN yang hanya tinggal 1 bulan lagi. Namun bagaimanapun sistem penilaiannya, jika Kamu telah belajar dengan sungguh-sungguh semua materi SBMPTN dan mempersiapkan diri dengan matang yakinlah bahwa Kamu dapat menyelesaikan tes SBMPTN tahun ini dengan baik, tepat, dan lolos ke jurusan di PTN yang kamu tuju.

 

Baca Juga:

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.