5 Cara Efektif Belajar TPA SBMPTN

Ketika menghadapi SBMPTN, salah satu tes yang ditakuti oleh peserta adalah Tes Potensi Akademik (TPA). Walaupun sekilas soal TPA terlihat tidak memerlukan analisis yang kompleks, namun soal TPA membutuhkan logika berpikir yang runut. Menghadapi soal TPA membutuhkan strategi khusus dan persiapan belajar yang efektif. Berikut beberapa cara efektif belajar TPA SBMPTN, yaitu sebagai berikut.

1. Kenali tipe soal yang diujikan.

Mengenali soal TPA yang akan ditaklukkan sangatlah penting. Beberapa tipe soal di antaranya verbal, numerikal, figural, dan logika proposisi.

  • Pada tipe verbal, Kamu dihadapkan dengan dua kata yang memiliki hubungan tertentu. Hubungan itu dapat berupa sinonim, antonim, dan analogi. Terkadang Kamu akan menemukan kata yang asing digunakan dalam bahasa sehari-hari, maka memperbanyak bahan bacaan adalah satu hal yang wajib Kamu siapkan.
  • Pada tipe numerikal, Kamu dihadapkan dengan operasi aritmatika dan barisan angka. Biasanya soal untuk operasi aritmatika terkesan sulit dengan adanya pangkat atau akar, namun sebenarnya mudah asal tahu solusinya.
  • Pada tipe figural, Kamu harus melihat pola pada barisan bergambar.
  • Pada tipe logika proposisi, Kamu diberi beberapa premis dan diminta untuk mencari kesimpulan.

2. Belajar mengerjakan soal TPA dalam kondisi tenang dan fokus.

Soal TPA tidak dirancang untuk diselesaikan dengan rumus-rumus yang rumit. Tes ini mengukur logika berpikir dalam menyelesaikan suatu permasalahan dengan waktu yang terbatas. Oleh karena itu, fokus yang tinggi dan tenang dalam mengerjakan soal TPA sangatlah diperlukan.

 

BACA JUGA:

3. Mengatur strategi pembagian waktu.

Dalam mengerjakan soal TPA diperlukan strategi dalam mengalokasikan waktu pengerjaan yang terbatas. Oleh karena itu Kamu sangat perlu berlatih mengerjakan soal TPA secepat mungkin. Misalnya, Kamu menargetkan 1 soal TPA dikerjakan dalam waktu 30 detik kemudian Kamu berlatih mengerjakannya sesuai waktu yang telah Kamu buat. Alangkah baiknya jika lebih cepat lagi sehingga kelebihan waktunya dapat ditabung untuk mengerjakan soal yang lain.

4. Sering berlatih mengerjakan berbagai soal TPA SBMPTN.

Meskipun terlihat biasa, latihan akan membuat Kamu semakin lancar mengerjakan soal-soal TPA.

5. Jaga kondisi kesehatan, psikis, dan berdoa.

Kamu harus pastikan dan menjaga kesehatan dirimu baik fisik dan psikis karena untuk mengerjakan soal-soal tes SBMPTN nanti kamu butuh kondisi yang prima. Terakhir jangan lupa untuk berdoa agar semuanya berjalan dengan lancar dan Kamu dapat lolos tes SBMPTN dan mendapatkan PTN beserta jurusan yang kamu inginkan.

99 lolos TPA SBMPTNOleh karena itu, Kamu perlu menambah persiapanmu untuk menghadapi TPA SBMPTN 2018, buku 99% Lolos TPA SBMPTN hadir sebagai solusi tepat buat Kamu yang ingin fokus belajar soal-soal TPA SBMPTN 2018. Di dalam buku ini Kamu akan mendapatkan 6 Paket Modul Penalaran Verbal, 12 Paket Modul Penalaran Numerikal, 6 Paket Modul Penalaran Figural, dan 15 Paket Prediksi TPA SBMPTN. Semua dikupas secara detail dan mudah dipahami, buku ini akan menjadi bekal berharga buat Kamu dalam menghadapi TPA SBMPTN agar dapat sukses lolos ke PTN impianmu. Demikian beberapa cara belajar TPA SBMPTN yang efektif. Semangat mengejar cita-citamu.

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.