Bingung Memilih Jurusan di SBMPTN? Ini Strateginya

Kurang dari dua bulan lagi, pendaftaran SBMPTN akan dibuka. Tepatnya pendaftaran online SBMPTN mulai dibuka 5 April dan ditutup 27 April 2018. Sementara untuk ujian tulis dan berbasis komputer akan digelar 8 Mei 2018. Nah, bagi Kamu yang ingin ikut sudahkah mempersiapkan diri? Atau masih bingung memilih jurusan di SBMPTN?

SBMPTN dapat diikuti oleh para lulusan SMA / MA / SMK / Sederajat yang ada di Indonesia. SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri yang dilakukan oleh pemerintah setelah SNMPTN Undangan.

Persaingan pada tes SBMPTN ini tidak bisa diremehkan. Bukan hanya bergantung pada faktor kecerdasan semata, akan tetapi juga bergantung dengan keberuntungan. Tetapi ingat lho keberuntungan itu terjadi jika kesempatan bertemu dengan kesiapan.

Lalu, bagaimana agar Kamu bisa lulus SBMPTN? Tentu tidak ada yang bisa menjamin. Namun dengan merumuskan strategi yang tepat, maka akan menambah kesempatan Kamu untuk lulus tes SBMPTN ini.

Tips memilih jurusan di SBMPTN sebagai strategi agar lulus SBMPTN.

  • Mempertimbangkan Passing Grade (PG) di jurusan yang akan diambil. Passing Grade adalah tingkatan pendaftaran yang ada di setiap tahunnya. Semakin tinggi PG, maka semakin ketat persaingan untuk mendapatkan jurusan tersebut. Urutkan pula besar kecilnya PG sesuai urutan pemilihan jurusannya. Pilihan pertama jurusan dengan PG terbesar, pilihan kedua jurusan dengan PG yang lebih kecil.

 

  • Jangan mengikuti teman dalam memilih jurusan. Mengikuti seorang teman dalam memilih jurusan dan PTN saat tes SBMPTN adalah kesalahan terbesar. Hal ini dikarenakan Kamu dan temanmu akan menjadi pesaing yang memperebutkan kursi yang sama. Selain itu, jurusan yang temanmu pilih belum tentu sesuai dengan kemampuan Kamu.

 

  • Konsultasi dengan wali kelas atau BK. Wali kelas atau BK akan menyarankan jurusan yang setidaknya bisa direkomendasikan, yaitu jurusan yang sesuai dengan kemampuan Kamu selama belajar di sekolah.

 

  • Jangan asal memilih jurusan pada pilihan 2 dan 3. Walaupun yang paling diinginkan adalah diterima di jurusan pilihan pertama, namun jangan sampai asal memilih jurusan di pilihan yang lain. Pilihlah jurusan yang semuanya Kamu minati.

 

  • Jangan terpaku dengan jurusan di PTN favorit, seperti UI, ITB, UGM, IPB, dan lain sebagainya. Cobalah untuk melihat jurusan di PTN yang lain.

 

Strategi telah kamu persiapkan, jangan lupa juga untuk terus belajar dan berlatih mengerjakan soal-soal SBMPTN agar Kamu semakin siap bertarung mendapatkan kursi di jurusan PTN yang kamu inginkan. Buku MEGA BANK SBMPTN SOSHUM 2018 dan MEGA BANK SBMPTN SAINTEK 2018 menjadi solusi cerdas untuk Kamu yang ingin berlatih soal-soal SBMPTN 2018. Kamu akan mendapatkan informasi terkini SBMPTN 2018, 6 paket soal asli SBMPTN dan pembahasan, 7 paket try out SBMPTN 2018 dan pembahasan, 8 paket prediksi SBMPTN 2018 dan pembahasan, 1 paket software CBT SBMPTN 2018 dan Pembahasan, 3 Paket Ebook soal asli SBMPTN dan Pembahasan, software TOEFL Cmedia, free Apps Android dan Ebook. Dengan keunggulan-keunggulan tersebut buku ini akan menjadi bekal berharga buat Kamu mendapatkan jurusan dan PTN impianmu.

Demikian beberapa tips yang dapat dicoba dalam memilih jurusan di SBMPTN. Semoga dapat bermanfaat. 🙂

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.