Update Terbaru Tes CPNS 2018

Akhir-akhir ini banyak orang yang sedang menunggu pengumuman jadwal pendaftaran CPNS 2018 beserta lowongan formasinya. Banyak calon pendaftar CPNS yang terdiri dari para pendaftar CPNS yang gagal di tahun sebelumnya maupun lulusan baru yang ingin ikut serta pada penerimaan CPNS 2018. Menurut info Menpan terbaru, tes penerimaan CPNS 2018 akan dilaksanakan seusai pemilihan kepala daerah.

Menurut perhitungan Badan Kepegawaian Negara (BKN), tes akan dilangsungkan 10-20 hari setelah pencoblosan yang jatuh pada 27 Juni 2018. Meskipun tanggal tesnya belum diketahui, namun pelaksanaan pendaftaran CPNS 2018 akan berlangsung di bulan April hingga Mei tahun ini. Sekarang masih dalam proses validasi data usulan formasi dari setiap daerah.

Banyaknya PNS yang pensiun di tahun 2017 ini yang membuat pemerintah membuka kembali seleksi pendaftaran CPNS di tahun 2018. Lowongan formasi yang dibuka tidak 100% dari jumlah PNS yang pensiun, tetapi hanya sekitar 50-60% dari total PNS yang pensiun yaitu sekitar 110.000 orang saja. Untuk formasi tahun ini dibuka untuk seluruh kementrian, lembaga, dan daerah, namun formasi akan diprioritaskan untuk bidang kesehatan dan pendidikan karena persebaran tenaga kesehatan dan pendidikan di Indonesia masih belum merata.

Proses pendaftaran CPNS biasanya hanya dibuka dengan rentang waktu yang tidak begitu lama, yaitu sekitar 10 hari hingga 2 mingguan. Oleh karena itu, Anda sebagai calon pendaftar harus selalu update dan jangan sampai ketinggalan informasi mengenai jadwal pelaksanaan CPNS 2018. Selain itu, Anda juga perlu jauh-jauh hari menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan sebagai persyaratan pendaftaran CPNS, seperti ijazah dan sebagainya.

Setelah menyiapkan berkas untuk proses pendaftaran CPNS, Anda juga perlu belajar materi untuk Tes Kompentensi Dasar (TKD) dengan sistem CAT. TKD ini cukup sulit persaingannya dikarenakan Anda harus melewati batas Passing Grade dan juga menjadi bagian dari peringkat teratas. Jadi, Anda perlu berusaha lebih keras dan mulai mempersiapkan diri dari sekarang untuk menjadi bagian dari lowongan formasi yang dibuka tersebut. Demikian informasi seputar CPNS 2018 semoga bermanfaat. J

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.