Raih Impianmu Meskipun Tidak Lulus SBMPTN

Waktu kelulusan pada sekolah tingkat menengah atas adalah hal yang ditunggu-tunggu para siswa siswi, tapi tidak sampai situ saja perjuangan mereka. Ada ujian perguruan tinggi yang mereka harus hadapi untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. SBMPTN adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Nasional menjadi momok para siswa setiap tahunnya karena tingkat kesulitan soal yang dihadapi sehingga presentase peserta yang lolos sedikit. Banyak orang bisa saja lolos, tapi banyak juga peserta yang gagal dalam SBMPTN ini. Bagi peserta yang tidak lolos, tidak perlu berkecil hati karena banyak cara untuk meraih impian walaupun tidak lulus SBMPTN antara lain sebagai berikut.

  1. Kuliah di PTS

Kuliah di PTN atau di PTS (Perguruan Tinggi Swasta) sebenarnya tidak jauh berbeda. Apa hal signifikan tentang masa depan yang didapat mahasiswa PTN yang lebih dari perolehan mahasiswa PTS? Adakah jaminan dari PTN untuk masa depan bahagia mahasiswanya? Pada akhirnya, setelah diwisuda baik alumnus PTN maupun PTS akan kembali berjumpa di titik yang sama dan bersaing untuk merebut satu kursi di suatu perusahaan.

 

  1. Kursus keterampilan dan bahasa

Kursus keterampilan banyak jenisnya seperti kursus menjahit, memasak, dan lain lain. Dengan memiliki keterampilan khusus kamu dapat memulai usaha sendiri dan mengembangkannya sehingga kamu dapat menciptakan masa depan bagi diri sendiri dan orang lain karena dapat membuka lapangan pekerjaan. Bahasa adalah alat komunikasi yang penting, dengan kemajuan kebudayaan saat ini, kemampuan berbahasa asing sangat bermanfaat. Kamu dapat kursus bahasa asing dan melatih kemampuan berbahasa asing. Dengan begitu kamu dapat menjadi penerjemah profesional.

 

  1. Kursus komputer

Di era globalisasi ini teknologi berkembang sangat pesat. Maka dari itu keahlian dalam bidang komputer pun banyak dicari untuk pekerjakan. Dengan mengikuti kursus komputer kamu mendapat keahlian sehingga dapat memenuhi permintaan lapangan pekerjaan yang diminta di bidang komputer.

 

  1. Bekerja paruh waktu

Mengisi waktu luang dengan bekerja paruh waktu memiliki banyak manfaat selain akan mendapat gaji tentunya, pekerjaan ini bisa dijadikan batu pijakan untuk memulai karir ke depannya. Mendapat pengalaman, rekan kerja, dan jaringan informasi merupakan keuntungan jika kamu bekerja paruh waktu.

 

  1. Memulai usaha

Memulai usaha bukan hal yang main main tapi jika kamu menekuninya dengan serius, usaha yang mulanya kecil akan terus berkembang. Memang butuh usaha ekstra untuk mengembangkan usaha tetapi akan banyak keuntungan yang kamu dapatkan setelahnya.

 

Terakhir jika kamu masih memiliki tekad yang bulat untuk dapat berkuliah di PTN, kamu dapat menunggu dan mengikuti seleksi SBMPTN di tahun berikutnya. Jangan lupa untuk persiapkan dirimu lebih baik dari tahun sebelumnya. Buku Mega Bank SBMPTN SAINTEK/SOSHUM 2019 hadir sebagai solusi tepat bagi kamu dalam proses belajar dan berlatih dalam menghadapi SBMPTN. Kamu akan mendapatkan informasi terkini terakit SBMPTN plus kisi-kisi dan passing gradenya. Ringkasan materi yang superlengkap. Ditambah dengan paket soal asli tahun-tahun sebelumnya, paket tryout, dan paket prediksi juga akan membuatmu lebih terbiasa untuk latihan mengerjakan soal-soal sbmptn. Bonus CD software SBMPTN, TOEFL, dan beberapa Ebook yang akan menunjang kamu untuk lebih siap menghadapi SBMTPN. Demikian beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk tetap dapat meraih masa depanmu meski belum lulus SBMPTN.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.