5 Jurusan Sepi Peminat Namun Peluang Kerja Besar

Banyak orang yang bingung saat memilih jurusan saat hendak kuliah. Ha-hal yang harus dipertimbangkan saat memilih jurusan adalah jurusan tersebut sesuai dengan passionmu atau tidak. Tapi di lain hal kamu harus memikirkan seberapa besar peluang masuk jurusan tersebut. Alih alih jurusan tersebut adalah passionmu tetapi jurusan tersebut mempunyai banyak peminat sehingga sulit untuk didapatkan. Kalau sudah begitu kamu harus pandai pandai banting setir memilih jurusan yang jarang diminati tetapi memiliki peluang kerja yang besar di masa depan dan tetap kamu sukai. Di bawah ini adalah jurusan yang sepi peminat namun memiliki peluang kerja yang besar.

  1. Ilmu Perpustakaan

Hal pertama yang terbayangkan jika mendengar jurusan ini adalah berkaitan dengan kutu buku dan perpustakaan. Padahal tidak sepenuhnya benar. Dalam ilmu perpustakaan kamu belajar cara pengumpulan, pengorganisasian, dan penyebarluasan sumber informasi. Setiap perusahaan membutuhkan pustakawan handal. Lulusan dari jurusan ini akan sangat dicari oleh perusahaan.

  1. Sosiologi

Lulusan jurusan sosiologi pastinya akan dibutuhkan di masa yang akan datang. Dengan kemampuan menjalani kehidupan sosial yang mumpuni dan mudah beradaptasi dengan lingkungan, menjadi alasan yang kuat bahwa lulusan jurusan ini dapat menduduki jabatan yang penting di berbagai bidang.

 

BACA:

  1. Oseanografi

Negara Indonesia adalah negara maritim tentu saja membutuhkan orang orang ahli dalam bidang kelautan. Selain itu, banyak industri perikanan membutuhkan lulusan oseanografi. Jadi, para lulusan jurusan oseanografi tidak perlu khawatir tidak akan mendapat pekerjaan.

  1. Kehutanan

Sebagai paru-paru dunia, Indonesia memiliki banyak hutan. Masalah hutan yang masih belum tertangani seperti kebakaran hutan dan penggunaan lahan yang salah harus cepat ditangani oleh ahlinya. Sehingga, pemerintah membutuhkan tenaga tenaga ahli dari jurusan kehutanan untuk mengawasi hutan Indonesia.

  1. Teknik Pengairan

Indonesia merupakan negara agraris yang tentunya membutuhkan banyak ahli dibidang pertanian contohnya dalam teknik pengairan. Tenaga ahli ini dapat mengurus aliran air seperti irigasi dipersawahan, pemanfaatan sungai untuk warga sekitar dan saluran air di bangunan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.