Mau Jadi PNS? Simak Plus Minus Menjadi PNS

Siapa yang menolak untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS)? Mendapat gaji yang cukup, jaminan kesehatan, hingga tunjangan dimasa tua adalah keistimewan menjadi PNS. Tapi ada hal hal yang harus dipertimbangkan tentang pilihan kamu menjadi PNS loh. Berikut ini beberapa pertimbangan jika kamu mau jadi PNS.

1. Kehidupan terjamin

Banyak keuntungan yang diperoleh jika menjadi seorang PNS, salah satunya adalah kehidupan yang terjamin. Mulai dari pelayanan kesehatan dan tunjangan hari tua akan ditanggung oleh pemerintah. Jadi tidak perlu khawatir jika statusmu sudah menjadi PNS.

2. Gaji ditentukan oleh tingkat pendidikan

Pendidikan menjadi tolak ukur gaji yang didapat PNS. PNS terbagi menjadi 4 golongan, tentunya golongan ini diatur dan disesuaikan dengan tingkat pendidikan. Maka jika kamu ingin mendapat gaji yang tinggi, pendidikan yang kamu tempuh juga harus tinggi.

 

BACA JUGA:

 

3. Harus siap ditempatkan dimana saja

Menjadi PNS berarti harus siap untuk mengabdi kepada negara oleh karena itu, PNS haruslah selalu siap jika setiap 3 atau 5 tahun sekali mendapat Surat Keputusan Pusat untuk dipindahkan ke daerah lain. Bahkan berubah jabatan menjadi lebih tinggi atau lebih rendah. Mendapat gaji yang berbeda di daerah sebelumnya. Semuanya menjadi konsekuensi tersendiri. Tapi semua biaya kepindahan ditanggung oleh pemerintah.

4. Kreativitas terbatas

PNS adalah pekerja yang langsung dinaungi oleh negara. Maka hal hal yang dikerjakan diatur pula oleh negara. Bekerja dengan jangka waktu yang lama dan yang dikerjakan adalah hal yang monoton sehingga individu tidak dapat berkreasi sesuai dengan keinginannya karena harus tunduk terhadap yang diperintahkan negara, baik dari segi peraturan, birokrasi, dan batasan-batasan lainnya.

5. Seleksi masuk yang rumit

all new tes cpns 2018 2019Syarat untuk menjadi PNS tidaklah mudah, tidak hanya tes tertulis banyak serangkaian tes yang harus dilewati antara lain tes psikotes, tes kemampuan umum, tes kemampuan bidang, dan tes wawancara. Semua tes tersebut harus dilalui untuk menjadi PNS. Banyak peserta yang gagal pada tahap akhir, maka dibutuhkan persiapan dan usaha yang maksimal agar bisa dapat lolos menjadi PNS. Namun tidak ada hal yang tidak mungkin, jika kamu belajar dan mempersiapkan dengan sungguh-sungguh maka keinginanmu untuk menjadi PNS bisa tercapai. Persiapkan dirimu untuk tes CPNS tahun ini semaksimal mungkin, buku All New Tes CPNS 2018/2019 pilihan yang tepat untuk meraih suksesmu. Di dalam buku ini ada panduan yang lengkap tentang sistem CPNS terbaru, kisi-kisi terupdate, ada ringkasan materinya juga jadi kamu tahu materi apa saja yang harus kamu kuasai, kemudian ada 14 paket soal untuk melatih kamu mengerjakan soal-soal dengan cepat dan tepat plus pembahasannya. Tidak ketinggalan, ada paket bonus CD yang berisi software CAT CPNS dan berbagai ebook yang menunjang untuk tes CPNS.

 

 

 

 

Foto: shutterstock.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.