Ini Alasan PNS Menjadi Pekerjaan Impian

Menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan impian bagi sebagian besar orang karena melihat banyaknya keuntungannya yang akan diperoleh. Berikut beberapa keuntungan yang Kamu peroleh saat Kamu menjadi PNS.

Mendapatkan Gaji Tetap dan Diberikan Tunjangan

Sebagai seseorang yang bekerja untuk negara, PNS tidak perlu mengkhawatirkan kondisi pasar apabila sedang memburuk karena selama negara tetap ada, PNS akan tetap dipekerjakan oleh negara dan tidak terpengaruh oleh kondisi apapun. Oleh sebab itu, PNS akan merasa aman karena tetap mendapatkan gaji tetap bulanan. Selain gaji pokok yang didapat masih ada tunjangan lain seperti tunjangan kinerja, tunjangan makan, hingga tunjangan keluarga dan tunjangan hari tua yang dapat menjamin masa tua PNS.

Memperoleh Jenjang Karir

Ketika menjadi PNS dan mendedikasikan diri dengan sebaik mungkin bersiaplah untuk mendapatka tawaran jenjang karir yang lebih tinggi. Saat menjadi PNS, eselon awal akan ditentukan oleh tingkat pendidikan terakhir dan secara berkala tingkat eselon tersebut akan meningkat, apabila tidak ada peningkatan karir setelah lama bekerja menjadi PNS, tidak perlu khawatir karena Badan Kepegawaian Negara dapat membantu untuk memutasi ke instansi lain yang membutuhkan SDM serupa.

Kesempatan Melanjutkan Pendidikan

Setelah menjadi PNS dan bekersa di instansi yang membutuhkan peningkatan kapasitas keilmuan seperti LIPI, BATAN, Kemenristek, dan Bappenas maka besar kemungkinan Kamu dapat direkomendasikan untuk studi ke luar negeri oleh instansi tersebut. Dengan catatan sebagai PNS Kamu harus tetap menjaga performance kerja yang tetap baik dan konsisten dan menunjukkan keinginan kuat untuk terus meningkatkan kapasitas.

 

Memerluas Relasi

Menjadi seorang PNS memberikan kesempatan untuk membina relasi dengan siapa pun baik pejabat pemerintahan maupun masyarakat luas. Saat PNS sedang diberikan tugas untuk melakukan perjalanan dinas, hal ini dapat memberikan kesempatan untuk menjelajah Indonesia dan memperluas relasi.

 

Membuka Kesempatan untuk Berwirausaha

Jam kerja yang jelas dan relatif fleksibel yaitu lima sampai enam hari kerja dalam seminggu dapat dimanfaatkan untuk melakukan aktivitas lain seperti membuat usaha sampingan. PNS dapat membuka bisnis yang terinspirasi dari kebutuhan kerja PNS. Contohnya, seperti catering dan pembuatan seminar kit. Dengan relasi yang telah dimiliki maka dapat menjadi keuntungan tersendiri untuk mengembangkan bisnis dan penghasilan.

 

Menyalurkan Aspirasi Langsung Untuk Mengubah Keadaan Negara

Sebagai anak muda yang kreatif dan inovatif sudah menjadi ciri khas dan tugas mereka untuk menyampaikan kritik terhadap kinerja pemerintah. Namun jika hanya mengkritik lewat media sosial dan mengajak masa untuk turun ke jalan saja dirasa tidak cukup sehingga perlu aksi nyata. Untuk menyampaikan ide dan gagasan agar dapat terealisasi dengan baik, salah satunya dengan masuk ke dalam sistem dan turut andil dalam merubah dan membuat kebijakan sehingga dampaknya akan terasa langsung ke masyarakat dan negara.

Namun, untuk menjadi seorang PNS pun harus melewati tahapan seleksi yang panjang dan tidak mudah, seperti tes CAT, tes kesehatan jasmani dan rohani, serta bebas narkoba. Hasil kinerja dan prilaku selama menjadi CPNS pun menjadi penilaian, hingga ketahapan terakhir yaitu mengucapkan sumpah janji PNS. Oleh karena itu, jika Kamu ingin menjadi seorang PNS maka Kamu harus mempersiapkan semuanya dengan matang mulai dari berkas-berkas administrasi hingga persiapan untuk dapat menjawab soal tes TKD maupun TKB. Untuk mendapatkan panduan lengkap terkait tata pendaftaran, kisi-kis tes CPNS, soal-soal terupdate dan ringkasan materi, serta pembahasan tes CPNS yang mudah dipahami bisa didapatkan dari buku All-New Tes CPNS 2018/2019 Sistem CAT. Buku ini hadir sebagai solusi tepat untuk membantumu dalam menghadapi tes CPNS. Jadi tunggu apalagi, masih ada cukup waktu untuk belajar dan berlatih, segera miliki buku yang super lengkap ini. Demikian beberapa keuntungan saaat Kamu menjadi Pegawai Negri Sipil (PNS). Dari beberapa keuntungan tersebut tidak heran kalau PNS adalah pekerjaan yang sangat diinginkan banyak orang. Semoga dapat menjadi pertimbanganmu dalam meniti karir.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.