Hari Buku Nasional Sebagai Ajang Promosi Untuk Meningkatkan Minat Baca

Hari Buku Nasional diperingati setiap tanggal 17 Mei tiap tahunnya bersamaan dengan Hari Perpustakaan Nasional. Saat ini di Indonesia terdapat rata-rata 18 ribu judul buku yang dicetak setiap tahunnya, namun jumlah tersebut tidak sebanding dengan minat baca penduduk Indonesia yang banya sebesar 0.01 persen dari total penduduk. Berdasarkan survei UNESO, budaya baca masyarakat Indonesia berada di urutan 38 dari 39 negara yang paling rendah di kawasan ASEAN. Oleh karena itu, perayaan hari buku nasional seharusnya dapat dijadikan momentum untuk meningkatakan minat baca masyarakat Indonesia. Di tambah lagi zaman sekarang telah dimodernisasi oleh kecanggihan teknologi maka membaca tidak hanya dapat dilakukan dari buku saja bahkan dari gadget pun Kamu dapat membaca. Berikut beberapa tips untuk meningkatakan minat membaca seseorang agar dapat dikembangkan menjadi kebiasaan.

 

Mengetahui Manfaat Membaca

Apabila Kamu berkaca pada negara maju, ternyata sebagian besar penduduknya memiliki kualitas dan kuantitas membaca yang jauh lebih baik. Banyak sekali manfaat membaca yang tidak Kamu sadari selain memberikan pengetahuan dan wawasan, serta memingkatkan kualitas memori. Ternyata membaca juga dapat menghindari stress dan mengisi waktu luang dengan hal positif.

 

Meluangkan Waktu untuk Membaca

Untuk memulai membaca buku kadang sulit dan tidak cukup hanya sekedar niat saja sehingga diperlukan action. Oleh karena itu, mulailah meluangkan waktu untuk membaca setiap harinya minimal 10-15 menit sebelum beraktivitas atau disela-sela kegiatan Kamu atau saat menunggu. Apabila sudah terbiasa dengan hal tersebut, tingkatkanlah lama waktu dan frekuensinya. Dengan demikian, aktivitas membaca akan tumbuh menjadi suatu kebiasaan.

 

Menemukan Daftar Buku Referensi yang Tepat

Salah satu faktor yang menyebabkan sesorang malas untuk membaca adalah saat menemui hal yang tidak disukai ketika membaca. Sehingga akan cenderung bosan dan tidak bersemangat untuk melanjutkannya. Usahakanlah untuk membaca berbagai genre buku sehingga Kamu akan mengetahui genre buku apa yang akan membuat Kamu penasaran dan akan membacanya lagi. Kamu juga dapat membaca review berbagai buku di internet mengenai kelebihan dan kekurangan isi buku tersebut.

 

Memiliki Target Membaca

Halangan terbesar bagi pembaca adalah menunda-nunda karena menganggap kegiatan membaca merupakan kegiatan yang tidak penting dan membosankan. Selain itu, menentukan waktu yang tepat dalan membaca juga hal yang yang dapat mempengaruhi mood saat membaca. Oleh karena itu, buatlah dirimu dalam keadaan terpaksa membaca, seperti pergi ke toko buku dan membeli beberapa buku bacaan. Dengan demikian, mau tidak mau Kamu membaca buku tersebut karena uangmu telah diinvestasikan dalam bentuk buku. Selain itu, agar buku yang sedang Kamu baca tidak terlalu lama digantungkan maka buatlah target membaca atau rencan membuat buku. Bagi yang baru mengembangkan minat baca, targetkanlah dalam 1 bulan minimal 3-5 buku untuk diselesaika. Kemudian akan lebih baik apabila Kamu menulis resume atau reciew dari buku tersebut setelah membacanya

 

Bergabung Dengan Komunitas

Berdiskusi adalah salah satu cara untuk tetap menjaga semangat membacamu. Ketika Kamu berdiskusi, terkadang isu-isu yang dibicarakan memaksamu untuk membaca informasi tersebut. Sehingga tanpa disadari hal tersebut dapat meningkatkan minat baca karena Kamu ingin mendapatkan informasi. Selain itu, biasanya di komunitas membaca banyak terdapat review buku-buku yang telah dibaca dari anggota lain sehingga Kamu akan termotivasi dan inging mencari tahu isi dari buju tersebut.

Demikianlah tip untuk meningkatkan minat bacamu, semoga Kamu dapat terapkan secara konsisten dan meningkatkan minatmu untuk membaca buku.

 

Image: shutterstock

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.