Menghadapi Asesmen Nasional Tidak Perlu Tegang, Ini yang Perlu Disiapkan

Bagi para siswa yang namanya ikut terambil secara acak untuk asesmen nasional, selama bulan September ini sepertinya sedang sibuk menyiapkan diri ya. Nampaknya banyak pula sekolah yang mengajak siswa didiknya dalam acara tatap muka untuk latihan bersama menghadapi AKM (Asesmen Kompetisi Mininum). Tidak perlu tegang ya. Ini bukan seperti Ujian Nasional kok.

 

Setidaknya dalam AKM ini, kalian perlu banyak membaca buku. Ada dua hal yang diujikan dalam AKM: kemampuan literasi dan kemampuan numerasi. Baik kemampuan literasi maupun numerasi menguji keterampilan siswa dalam hal pengembangan kompetensi membaca dan berpikir logis-sistematis.

Dalam hal literasi informasi dan teks fiksi siswa diharapkan memiliki kemampuan menemukan informasi, memahami, mengevaluasi dan merefleksi sebuah tema bacaan. Sementara dalam numerasi akan ada soal terkait bilangan, geometri dan pengukuran, aljabar, data dan ketidakpastian.

Menurut situs web Diknas, literasi yang dimaksudkan di sini bukan sekedar kemampuan membaca, tapi juga kemampuan menganalisis suatu bacaan serta kemampuan untuk mengerti atau memahami konsep di balik tulisan tersebut. Sedangkan numerasi adalah kemampuan menganalisis menggunakan angka. Serta menekankan literasi dan numerasi bukan tentang mata pelajaran bahasa atau matematika, melainkan kemampuan murid agar dapat menggunakan konsep literasi ini untuk menganalisa sebuah materi.

 

Rencananya Asesmen Nasional (AN) sebagai pengganti Ujian Nasional akan dilaksanakan September hingga Oktober 2021. Tujuan diselenggarakan Asesmen Nasional akan menguji tingkat literasi dasar siswa didik yang meliputi kemampuan literasi dan numerasi. Salah satu tujuan dari tes ini lebih mengevaluasi kemampuan penalaran kognitif.

 

Sementara dua tujuan lain memetakan penilaian karakter profil pelajar Pancasila dan penilaian kebutuhan lingkungan pendukung pendidikan. Jadi tidak hanya siswa, guru-guru dan kepala sekolah pun ikut dalam “survei” memetakan potret mutu pendidikan nasional di Indonesia.

 

Untuk para siswa bagi yang terbiasa membaca dan memahami bacaan, senang bertanya dan kritis kemungkinan akan lebih rileks berjumpa soal-soal yang disajikan dalam AKM. Ya, kuncinya kamu perlu banyak belajar membaca dan memahami isi bacaan. Keterampilan speed reading juga perlu kamu asah. Sekaligus memahami isi bacaan, maksud isi pertanyaan, dan jawaban dengan penalaran menjadi kunci utamanya.

 

Soal-soal dalam AKM kemungkinan besar lebih dekat dengan model soal Higher Order Thinking Skills (HOTS). Seperti kita ketahui HOTS adalah jenis soal yang dalam pengerjaannya memerlukan kemampuan analisis yang tinggi. Semakin banyak berlatih memahami aneka tema terkait soal HOTS kamu akan lebih terbiasa.

 

Satu lagi yang tidak kalah penting dalam pelaksanaan AKM ada batasan durasi waktu pengerjaan soal. Jadi selain belajar membaca, memahami, serta menganalisis jawaban, kamu perlu juga belajar mengatur waktu.

 

Maka dengan berjumpa banyak latihan soal yang bertema literasi dan numerik kamu akan lebih terbiasa dan lebih rileks menghadapi  AKM nanti.

 

Nah, agar lebih terbiasa dan tidak deg-degan atau kaget, berikut beberapa contoh soal dan pembahasan yang bisa kamu ikuti. Oya, contoh soal di bawah ini khusus untuk kamu kelas 8 (SMP) dan 11 (SMA).

 

Contoh-contoh Soal AKM untuk SMP Kelas 8

Soal Literasi AKM SMP

Teks berikut ini digunakan untuk menjawab soal.

1)Atlantis yang digambarkan Plato adalah “surga” beriklim tropis yang penuh dengan segala jenis keindahan dan kekayaan. 2)Keindahan dan kekayaan itu bermacam-macam, seperti daratan dan ladang-ladang yang indah, lembah, gunung-gunung, batu-batu permata, logam, kayu-kayu wangi, bahan celup yang tinggi nilainya, sungai, danau, irigasi yang melimpah, pertanian paling produktif, istana bertabur emas, tembok perak, banteng, gajah, segala jenis binatang buas, dan sebagainya.

3)Pada zaman es, ketika hampir semua kawasan di permukaan bumi masih tertutup salju atau bahkan kering karena ketiadaan hujan, yang sangat tidak memungkinkan adanya peradaban maju. 4)Maka satu-satunya kawasan yang memungkinkan ciri-ciri yang disebut Plato itu hanyalah di kawasan khatulistiwa.. 5)Menurut Prof. Santos, jika direnungkan, keadaan ini secara lebih saksama, mudah bagi kita untuk menyadari bahwa sebagian besar kekayaan tersebut adalah khas Hindia Timur, khususnya Indonesia. Indonesia adalah tempat di mana “Pulau rempah-rempah” (Moluccas atau Maluku) yang menakjubkan berada.

6)Indonesia terletak di persimpangan tiga lempeng benua, ketiganya bertemu di sini menciptakan tekanan sangat besar pada lapisan kulit bumi. 7)Akibatnya, lapisan kulit bumi di wilayah ini terdesak ke atas, membentuk paparan-paparan yang luas (Paparan Sunda dan sebagainya) dan beberapa barisan pegunungan yang sangat tinggi. 8)Paparan-paparan tersebut agak dangkal pada zaman es, ketika permukaan laut turun ratusan meter, mereka pun terlihat. 9)Keadaan itu terjadi pada akhir zaman es, masa ketika Atlantis berkembang pesat. 10)Seluruh wilayah itu sangat rentan terhadap gempa bumi (…) letusan gunung berapi yang kerap mengakibatkan kerusakan parah. 11)Hal itu terlihat dari beberapa catatan geologis terkait gempa bumi dan tsunami. 12)Jadi, memang benar bila dikatakan bahwa Atlantis adalah benua yang indah, subur, dan kaya.

Dikutip dari buku Atlantis, Prof. Arysio Santos

Domain Teks informasi
Konteks Stimulus Sosial budaya
Kompetensi Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya
Level Kognitif Menemukan Informasi (Access and Retrieve)
Bentuk Soal Menjodohkan

Soal

 

Pasangkan daftar pertanyaan di sebelah kiri dengan jawaban yang tepat di sebelah kanan!

 

Pertanyaan Jawaban
Wilayah yang terletak di persimpangan tiga lempeng benua Khatulistiwa
Wilayah yang memiliki ciri Atlantis Indonesia
Wilayah penghasil rempah-rempah yang menakjubkan Maluku
Hindia Timur

 

 

Pembahasan (tabel pakai tanda panah sesuai jawaban)

Pertanyaan Jawaban
Wilayah yang terletak di persimpangan tiga lempeng benua? Khatulistiwa
Wilayah yang memiliki ciri Atlantis? Indonesia
Wilayah penghasil rempah-rempah yang menakjubkan? Maluku
Hindia Timur

 

  • Berdasarkan kalimat (6), Indonesia terletak di persimpangan tiga lempeng benua, ketiganya bertemu di sini menciptakan tekanan sangat besar pada lapisan kulit bumi.
  • Berdasarkan kalimat (4), satu-satunya kawasan yang memungkinkan ciri-ciri yang disebut Plato itu hanyalah di kawasan khatulistiwa..
  • Berdasarkan kalimat (5), disebutkan bahwa Indonesia adalah tempat di mana “Pulau rempah-rempah” (Moluccas atau Maluku) yang menakjubkan berada.

Jadi, siswa akan mendapatkan nilai 1 jika menjawab seperti pembahasan, dan tidak mendapatkan nilai jika menjawab selain itu.

 

Soal Numerasi SMP Kelas 8

Soal

Domain Bilangan
Konteks Stimulus Saintifik
Kompetensi Mengurutkan beberapa bilangan yang dinyatakan dalam bentuk berbeda
Level Kognitif Reasoning (Penalaran)
Bentuk Soal Pilihan ganda kompleks

 

 

 

 

 

Tentukan penyataan berikut benar atau salah dengan memberikan tanda centang (✓)!

 

No Pernyataan Benar Salah
1 Nilai P lebih besar dari S
2 P + Q lebih kecil R + S
3 P + R = 3,05
4 Q – R + S = 3,75
5 Jika keempat nilai tersebut diurutkan, nilai P merupakan yang terkecil
6 Q > P > S > R

 

 

Pembahasan

No Pernyataan Benar Salah
1 Nilai P lebih besar dari S
2 P + Q lebih kecil R + S
3 P + R = 3,05
4 Q – R + S = 3,75
5 Jika keempat nilai tersebut diurutkan, nilai P merupakan yang terkecil
6 Q > P > S > R

 

Diketahui:

  • Pernyataan 1 – Benar

P > S = 3,05 > 2,45

  • Pernyataan 2 – Salah
  • Pernyataan 3 – Salah

P + R = 3,05 + 1 = 4,05

  • Pernyataan 4 – Salah

Q – R + S = 3,75 – 1 + 2,45 = 5,2

  • Pernyataan 5 – Salah

Jika keempat nilai tersebut diurutkan, nilai R yang terkecil

  • Pernyataan 6 – Benar

Q > P > S > R

3,75 > 3,05 > 2,45 > 1

 

Jadi, siswa akan mendapatkan nilai 2 jika menjawab semua pernyataan dengan tepat seperti pembahasan. Siswa akan mendapatkan nilai 1 jika menjawab 4 atau 5 pernyataan dengan benar dan tidak mendapatkan nilai jika kurang dari itu.

 

Contoh-contoh Soal AKM untuk SMA

Soal Literasi SMA/MA

Teks berikut ini digunakan untuk menjawab soal.

Asal Usul dan Kegunaan Tinta Ungu Pemilu

1Jari bertinta ungu sangat identik dengan Pemilihan Umum (Pemilu). 2Setelah mencoblos kandidat pilihan di bilik suara, Anda pasti diminta untuk mencelupkan jari ke tinta ungu oleh petugas. 3Ini dilakukan agar warga tidak melakukan pencoblosan dua kali. 4Namun, sebenarnya dari mana asal usul celup tinta setelah pemilu dan negara mana saja yang melakukan metode ini?

5Dirangkum dari berbagai sumber, celup jari ke tinta ungu dipelopori oleh India pada 1962 setelah pemilu demokratis pertama pernah kecolongan dan mengalami masalah serius terkait pencurian identitas. 6Saat itu, India menggunakan tinta khusus pemilu dari perusahaan Mysore Paints dan Varnishes Ltd. 7Melansir Tribun News, perusahan ini juga mengimpor tinta ke beberapa negara seperti Malaysia, Turki, hingga Britania Raya (United Kingdom). 8Setelah India menerapkan metode celup tinta ungu, negara lain seperti Malaysia, Turki, Mesir, Filipina, Afganistan, dan Indonesia menerapkan cara ini. 9Indonesia sendiri pertama kali melakukan metode celup tinta pada 1995 ketika sudah memasuki orde baru dan mulai memilih secara demokrasi agar menunjukkan pemilu benar-benar bersih.

10Menurut Kementerian Perindustrian, tinta sidik jari pemilu memiliki beberapa spesifikasi khusus seperti memiliki daya lekat super kuat pada kuku atau lapisan kulit air, tidak mudah terhapus air, air sabun maupun cairan mengandung klorin. 11Tinta pemilu juga mengandung senyawa perak nitrat yang membantu pelekatan warna pada lapisan kutikula kuku dan epidermis kulit.

Sumber: Nationalgeographic.co.id

Soal

Domain Teks informasi
Konteks Stimulus Personal
Kompetensi Menemukan informasi tersurat (siapa, kapan, di mana, mengapa, bagaimana) pada teks informasi yang terus meningkat sesuai jenjangnya
Level Kognitif Menemukan informasi (Access and Retrieve)
Bentuk Soal Pilihan ganda kompleks

 

Berdasarkan bacaan di atas, tentukan apakah pernyataan berikut benar atau salah!

Berikan tanda () pada tabel di bawah ini.

No Pernyataan Benar Salah
1 Jari bertinta ungu tidak berkaitan dengan pemilu
2 Sebelum India, Pakistan lebih dahulu memelopori adanya tinta ungu saat pemilu
3 India menjadi negara pelopor adanya tinta ungu pemilu
4 India memelopori tinta ungu pemilu pada tahun 1963
5 Penyebab adanya tinta ungu pemilu karena masalah pemilu demokratis di India
6 Masalah India pada pemilu demokratis pertama adalah pencurian identitas

 

 

Pembahasan

No Pernyataan Benar Salah
1 Jari bertinta ungu tidak berkaitan dengan pemilu  
2 Sebelum India, Pakistan lebih dahulu memelopori adanya tinta ungu saat pemilu  
3 India menjadi negara pelopor adanya tinta ungu pemilu  
4 India memelopori tinta ungu pemilu pada tahun 1963  
5 Penyebab adanya tinta ungu pemilu karena masalah pemilu demokratis di India  
6 Masalah India pada pemilu demokratis pertama adalah pencurian identitas  

 

  • Pernyataan 1 : Salah

Berdasarkan kalimat (1), Jari bertinta ungu sangat identik dengan Pemilihan Umum (Pemilu).

  • Pernyataan 2 : Salah

Berdasarkan kalimat (5), tidak disebutkan bahwa Pakistan menjadi pelopor tinta ungu pemilu. Pelopor tinta ungu pemilu adalah India.

  • Pernyataan 3 : Benar

Berdasarkan kalimat (5), celup jari ke tinta ungu saat pemilu dipelopori oleh India.

  • Pernyataan 4 : Salah

Berdasarkan kalimat (5), India memelopori tinta ungu pemilu pada tahun 1962 bukan tahun 1963.

  • Pernyataan 5 : Benar

Berdasarkan kalimat (5), India kecolongan pada pemilu demokratis pertama.

  • Pernyataan 6 : Benar

Berdasarkan kalimat (5), India mengalami masalah serius pada pemilu demokratis pertaman terkait pencurian identitas.

 

Jadi, siswa akan mendapatkan nilai 2 jika menjawab semua pernyataan dengan tepat seperti pembahasan. Siswa akan mendapatkan nilai 1 jika menjawab 4 atau 5 pernyataan dengan benar dan tidak mendapatkan nilai jika kurang dari itu.

 

Soal Numerasi SMA/MA

 

Soal

Domain Bilangan
Konteks Saintifik
Kompetensi Menghitung hasil penjumlahan/pengurangan/perkalian/ pembagian pecahan atau bilangan desimal, termasuk menghitung kuadrat dan kubik dari suatu bilangan desimal dengan satu angka di belakang koma. Serta Operasi pada bilangan bulat termasuk bilangan bulat negatif.
Level kognitif Reasoning (Penalaran)
Bentuk soal Menjodohkan

 

Jodohkan pertanyaan berikut ini dengan jawaban yang benar!

numerasi sma

 

 

 

Nilai dari 2x + 2 = 2(-2) + 2 = -2

Jadi, siswa akan mendapatkan nilai 1 jika menjawab seperti pembahasan, dan tidak mendapatkan nilai jika menjawab selain itu.

 

Rujukan Buku AKM untuk SMP dan SMA

Sebagai buku rujukan dan buku pendampingan belajar Asesmen Nasional untuk SMP dan SMA aneka contoh soal dan pembahasan logis dan sistematis bisa dijumpai di dalam modul AKM di bawah ini:

 

99% Sukses Menghadapi AKM SMP/MTs

AKM SMP

 

99% Sukses Menghadapi AKM SMP/MTS hadir sebagai solusi tepat bagi pembaca dalam agar dapat sukses dalam menyelesaikan AKM SMP/MTS. Pembaca akan mendapatkan:

 

  • Informasi terkini AKM SMP/MTS.
  • Kisi-kisi resmi AKM SMP/MTS dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemdikbud RI.
  • Strategi kupas tuntas Literasi Membaca dan Numerasi AKM SMP/MTS.
  • Ringkasan materi superlengkap Literasi Membaca dan Numerasi AKM SMP/MTS.
  • Tiga paket prediksi jitu dan pembahasan Literasi Membaca dan Numerasi AKM SMP/MTS.
  • Tip & Trik menyelesaikan Literasi Membaca dan Numerasi AKM SMP/MTS dengan cepat dan tepat.

 

99% Sukses Menghadapi AKM SMP/MTS memiliki poin-poin penting sebagai nilai lebih dibandingkan dengan buku-buku sejenis yang ada di pasaran sebagai berikut.

 

  1. Informasi yang disajikan adalah informasi resmi dan terkini dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemdikbud RI, didapatkan dari situs resminya, bukan informasi palsu dari jejaring sosial.
  2. Soal-soal untuk setiap bab mengacu kepada soal-soal Literasi Membaca dan Numerasi dari PISA & TIMMS beberapa edisi terakhir, dengan fokus pada soal-soal HOTS yang sangat dibutuhkan pembaca.
  3. Prediksi jitu yang diberikan disusun berdasarkan kisi-kisi resmi dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemdikbud RI, lengkap dengan tip dan trik untuk menyelesaikannya.
  4. Semua soal di buku ini dibahas tuntas dengan smart solution sehingga lebih menarik pembaca untuk belajar, tidak ada satu pun soal yang hanya ada kunci jawabannya saja.
  5. Satu buku ini memuat semua kompetensi mendasar yang diujikan di AKM SMP/MTS (Literasi Membaca dan Numerasi). Pembaca tidak perlu membeli setiap buku yang berbeda.

Penulis: Tim Pelita Eduka & Tim Mitrasiswa

Ukuran: 19 x 26 cm

Tebal: iv + 346 hlm

Penerbit: CMedia

ISBN: 978-602-5710-67-4

All New Tes CPNS

pesan antar

 

99% Sukses Menghadapi AKM SMA/MA

sukses AKM SMA

 99% Sukses Menghadapi AKM SMA/MA hadir sebagai solusi tepat bagi pembaca dalam agar dapat sukses dalam menyelesaikan AKM SMA/MA. Pembaca akan mendapatkan:

 

  • Informasi terkini AKM SMA/MA.
  • Kisi-kisi resmi AKM SMA/MA dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemdikbud RI.
  • Strategi kupas tuntas Literasi Membaca dan Numerasi AKM SMA/MA.
  • Ringkasan materi superlengkap Literasi Membaca dan Numerasi AKM SMA/MA.
  • Tiga paket prediksi jitu dan pembahasan Literasi Membaca dan Numerasi AKM SMA/MA.
  • Tip & Trik menyelesaikan Literasi Membaca dan Numerasi AKM SMA/MA dengan cepat dan tepat.

 

  1. Informasi yang disajikan adalah informasi resmi dan terkini dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemdikbud RI, didapatkan dari situs resminya, bukan informasi palsu dari jejaring sosial.
  2. Soal-soal untuk setiap bab mengacu kepada soal-soal Literasi Membaca dan Numerasi dari PISA & TIMMS beberapa edisi terakhir, dengan fokus pada soal-soal HOTS yang sangat dibutuhkan pembaca.
  3. Prediksi jitu yang diberikan disusun berdasarkan kisi-kisi resmi dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran Kemdikbud RI, lengkap dengan tip dan trik untuk menyelesaikannya.
  4. Semua soal di buku ini dibahas tuntas dengan smart solution sehingga lebih menarik pembaca untuk belajar, tidak ada satu pun soal yang hanya ada kunci jawabannya saja.
  5. Satu buku ini memuat semua kompetensi mendasar yang diujikan di AKM SMA/MA (Literasi Membaca dan Numerasi). Pembaca tidak perlu membeli setiap buku yang berbeda.

 

Penulis: Tim Pelita Eduka & Tim Mitrasiswa

Ukuran: 19 x 26 cm

Tebal: iv + 340 hlm

Penerbit: CMedia

ISBN: 978-602-5710-68-1

All New Tes CPNS

pesan antar

 

 

Salam sehat dan sukses menjalani asesmen nasional, guys.

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.