PENTING! Ini Kunci Sukses Agar Lolos Tes Seleksi Masuk TNI atau POLRI

Fisik sehat dan kuat, mental siap, dan postur tubuh yang gagah belum tentu bisa menjamin berhasil dalam mengikuti seleksi masuk TNI atau POLRI. Bakat dan potensi, selain urusan fisik dan kesiapan mental, perlu juga ditempa dan didukung dengan pengetahuan dasar seperti kemampuan tes akademik, psikologi, dan kemampuan berbahasa.

Sudah menjadi rahasia umum, agar tidak gugur dalam tes kemampuan jasmani, bisa dilatih jauh-jauh hari dengan mengikuti latihan rutin seperti, tes lari 12 menit, push up, sit up, pull up/ chinning up, shuttle run, dan berenang. Kegagalan dalam tes fisik, kemungkinan besar karena kurang rutin dalam latihan. Jadi, kuncinya adalah sering-sering berlatih agar agar lolos dalam kemampuan standar tes fisik ini.

Selanjutnya, tidak kalah penting dalam menghadapi ujian tes psikologi dan akademik, serta wawasan umum juga perlu dipersiapkan dengan mengetahui pola dan tingkat kesulitan soal. Seperti halnya dalam ujian tes pengetahuan, memperbanyak latihan soal dan memiliki trik dalam menjawab secara tepat dan cepat, menjadi dua hal pokok agar lolos dalam tes TNI atau POLRI. Dari tahun ke tahun soal-soal latihan untuk seleksi masuk TNI atau POLRI tidaklah jauh berbeda. Kamu hanya perlu banyak membaca tipe soal-soal dan bagaimana menjawab secara cepat dan benar.

Dua tes ini, baik tes kemampuan dalam tes psikologi maupun tes kemampuan akademik, jika tidak terlatih atau disiapkan jauh-jauh hari, kemungkinan gagal sangat besar. Selain menguras energi dan pikiran, kesiapan fisik perlu juga perlu disiapkan agar kamu belajar fokus dalam mengerjakan. Sebab durasi tes yang dilakukan secara marathon membutuhkan kesabaran penuh serta kesiapan fisik yang kuat juga.

Belajar dari pengalaman orang lain dan melihat soal-soal tes tahun sebelumnya wajib dilakukan. Hal ini untuk membiasakan diri agar lebih siap secara fisik dan punya bekal pengetahuan yang cukup.

Dalam Tes Baum atau menggambar orang, rumah, dan pohon juga tidak boleh asal mencoretkan gambar. Banyak juga yang gagal dalam tes ini. Misalnya pada tes menggambar pohon, kamu perlu tahu pohon atau tumbuhan apa saja yang tidak boleh digambar. Dalam tes Baum ini, pohon seperti kepala, bambu, tebu, pisang, rumput-rumputan, sebisa mungkin dihindari untuk digambar, walaupun kamu suka secara pribadi dengan bentuk-bentuknya.

Bagaimana pun taktik dan strategi sangat dibutuhkan agar dapat melewati tahap demi tahap dalam berbagai tes seleksi masuk TNI atau POLRI. Misalnya, dalam ujian psikologi kamu perlu mengetahui dan mengenal pola-pola soal yang biasa diujikan untuk penilaian kecerdasan, kepribadian, minat, sikap kerja, dan semua jenis tes gambar proyektif.

Sementara pada bagian ujian tes akademik, soal Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pengetahuan Umum, TPA, serta TOEFL juga perlu disiapkan dan dipelajari baik cara menjawab dan trik menyelesaikanya.

Satu lagi, pada Tes Mental Ideologi kamu juga perlu mengetahui tujuan dari tes ini. Dalam Tes Mental Ideologi, kamu akan diuji dan dinilai dari sikap duduk, kerapian, cara berbicara, wawasan kebangsaan, Pancasila, agama, dan wawasan seputar TNI atau POLRI. Tes ini bersifat rahasia dan dilakukan dalam dua tahap, yaitu tertulis dan wawancara langsung.

Nah, agar memudahkan dan lebih praktis dalam mempelajari dan menghadapi seleksi masuk tes TNI atau POLRI, kamu perlu bekal buku panduan yang dapat membantu dan menembus tes masuk TNI atau POLRI.  Buku yang memandu secara lengkap dan sistematis seputar informasi detail dan terlengkap untuk penerimaan calon anggota TNI atau POLRI. Buku yang disusun oleh tim khusus berdasarkan pengalaman tes selama bertahun-tahun.

Sebagai rujukan buku panduan berjudul All-New Tes Masuk TNI POLRI yang berisi langkah dan proses penerimaan anggota TNI-POLRI bisa menjadi bekal dan teman belajar yang pas. Buku ini dikupas secara detail, sebagai langkah awal agar Anda lolos dari seleksi administrasi, hingga persiapan lebih mantap dan mudah memahami dalam mempercepat penyelesaian soal dengan cepat dan tepat.

Dalam buku ini terdapat puluhan jenis tes dan ribuan soal latihan dari ujian Psikologi, Paper and Pencil Test, Tes Gambar Proyektif, Tes EPPS, Ujian Akademik (Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pengetahuan Umum, Matematika, Tes Potensi Akademik), Ujian Kemampuan Jasmani, dan Tes Mental Ideologi. Semuanya dibahas dengan lengkap dan mudah untuk dipahami dengan beragam tip dan trik yang dapat membantu menyelesaikan soal dengan cepat dan tepat.

Buku yang diterbitkan oleh Cmedia ini bisa juga digunakan sebagai panduan seluruh seleksi masuk TNI atau POLRI dan untuk semua tingkatan baik Perwira Karier, Bintara, hingga Tamtama. Buku ini akan menjadi bekal berharga bagi Anda agar sukses lolos penerimaan anggota TNI atau Polri.

Pastikan buku yang akan kamu beli adalah buku asli (original) agar lebih mantap dan barokah, dan cita-cita masuk menjadi anggota TNI atau POLRI segera tercapai.

All New Tes Masuk TNI POLRISilakan kunjungi link Shopee untuk pemesanannya.

 

 

 

sumber foto

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.