Mengatur Waktu Belajar Untuk Menghadapi UN dan SBMPTN 2020

Hampir semua siswa-siswi kelas 12 SMA sekarang sedang dilanda kecemasan karena akan menghadapi berbagai ujian dan tes untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya. Ujian dan tes tersebut antara lain adalah ujian sekolah, ujian praktek, ujian nasional, dan ujian masuk perguruan tinggi. Kamu harus mempersiapkan dirimu lebih awal agar kamu dapat menjalankan dengan maksimal dan mendapatkan hasil yang terbaik. Di bawah ini terdapat tips dan trik mengatur belajar antara Ujian Nasional dan ujian SBMPTN.

  1. Membuat Uraian Materi Pelajaran

Materi pelajaran yang diujikan dalam ujian nasional dan SBMPTN memang tidaklah sedikit. Oleh karena itu, kamu perlu menguraikan materi apa saja yang hendak diujikan. Dalam kedua ujian itu, pasti terdapat materi yang sama. Jika ada yang sama, kamu dapat mempelajarinya terlebih dahulu untuk menghemat waktu belajar dan akan menjadi efektif karna kamu tidak perlu mengulangi terus-menerus.

  1. Membuat Prioritas

Antara Ujian Nasional dan SBMPTN, keduanya sama-sama penting. Namun, disarankan, jika kamu sangat ingin masuk PTN kamu dapat mempelajari materi-materi SBMPTN dengan lebih giat karena materi SBMPTN pun sebenarnya juga diujikan di UN dan bahkan dapat dikatakan soal-soal pada SBMPTN memiliki tingkat kesuliatan soal lebih tinggi dari Ujian Nasiona. Jadi, jika kamu dengan serius belajar materi SBMPTN kamu dapat juga mengerjakan soal-soal UN nantinya, sehingga kedua ujian ini dapat kamu kerjakan dengan maksimal.

  1. Fleksibel dalam Waktu Belajar

Belajar sesuai dengan jadwal belajar bagi sebagian orang adalah hal yang sulit. Bahkan jadwal yang sudah dibuat akan terlewat begitu saja. Kamu dapat belajar di waktu-waktu senggang saat menunggu pergantian jam belajar atau jam kosong di sekolah. Hal itu sangat efektif untuk kamu yang sulit mengatur jadwal.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.