UTBK 2020, Ini yang Perlu Kamu Persiapan Mulai Sekarang

Reminder kembali gaes, teknis pendaftaran akun di website resmi LTMP sebentar lagi. Tepatnya dibuka tanggal 7 Februari hingga 5 April 2020. Pantengin terus di situs website resmi LTMP dan link pendaftaran nanti baru bisa kamu akses di sini seusai jadwalnya. Eit..Jangan lupa untuk set notifikasi alarm smartphone-mu dan siapkan persyaratannya. Seperti kita tahu untuk mengikuti SBMPTN, kamu perlu mengikuti UTBK dahulu, sebagai syarat wajib.

Ada perubahan di sisi teknis seleksi masuk ke perguruan tinggi pada Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020. Menurut LTMPT (Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi), Tes UTBK 2020, hanya sekali. Ada UTBK kategori campuran (Saintek dan Soshum). Dilaksanakan selama 7 hari dan menggunakan SSO (Single Sign Online).

Berikut beberapa informasi terkait UTBK 2020 yang mesti kamu ketahui.

 

Tahapan Waktu UTBK dan SBMPTN 2020

Cermati timeline resmi dari LTMPT jadwal UTBK dan SBMPTN 2020 di bawah ini.

Pendaftaran Akun LTMPT:
07 Februari – 05 April 2020

Pendaftaran UTBK 2020:
30 Maret – 11 April 2020

Pelaksanaan UTBK:
20 – 26 April 2020
(Setiap hari terdapat 2 sesi, yaitu pagi dan siang sehingga total terdapat 14 sesi)

Pengumuman Hasil UTBK:
12 Mei 2020 pukul 17.00 WIB.

Rangkuman Jadwal SNMPTN UTBK SBMPTN 2020

Rangkuman jadwal SNMPTN, UTBK, dan SBMPTN 2020. | Sumber: LTMPT

 

Waspada Hoax Seputar Seleksi Masuk Tes Perguruan Tinggi

Agar terhindar disinformasi atau hoax, LTMPT membuat akun resmi media sosial. Lewat surat edaran resmi, pada 24 Januari 2020, semua akun resmi Instagram, Twitter, Facebook, Youtube bisa kamu cek di laman depan situs website LTMPT.

Saluran Komunikasi dan Informasi Resmi LTMPT

Dikenali Jenis Kelompok Ujian dan Materi Tes UTBK

 Sesuai dengan program pendidikan dan pilihan, materi tes terbagi tiga.

  • UTBK Saintek (TPS dan TPA Saintek). TPS adalah Tes Potensi Skolastik melingkupi soal pemahaman nalar, bahasa, pengetahuan umum, dan kuantitatif.
  • UTBK Soshum (TPS dan TPA Soshum). Sosial dan humaniora, meliputi mata ujian Matematika Soshum, Sejarah, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi.
  • UTBK Campuran (TPS, TPA Soshum, dan TPA Saintek). Saintek, meliputi mata ujian matematika saintek, Fisika, Kimia, Biologi­.

Siapkan “Amunisi” dengan Latihan Soal dan Buku Kisi-kisi Terbaru UTBK SBMPTN 2020

 

Waktu yang sedikit dan mungkin mepet, membuatmu mengurangi waktu bermain dan rebahan. Rencanakan waktu belajar rutin minimal 1-2 jam setiap hari untuk berlatih ragam soal sesuai jurusanmu. Mulai dengan menyimak mata pelajaran yang kamu sukai dan jangan menunggu mood terbaik muncul. Fokus pada target tujuan hari per hari sesuaikan dengan kemampuanmu. Latih kemampuan memahami, membaca cepat, dan menjawab dengan teliti dan cermat.

Ada tiga buku rujukan bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri menghadapi UTBK dan SBMPTN. Penerbit Cmedia, baru saja menerbitkan seri Smart Book TPS (Tes Potensi Skolastik), TPA (Tes Kemampuan Akademik) SAINTEK, dan TPA SOSHUM. Ketiga buku ini bisa dengan mudah kamu bawa ke mana pun karena berukuran portabel dan ringan.

Smart Book TPS (Tes Potensi Skolastik)

Secara umum TPS, menurut kemenritekdikti, bertujuan menguji pemahaman nalar dan pengetahuan umum khususnya calon mahasiswa untuk pendidikan tinggi. Dalam buku ini berisi empat bab, penalaran umum, pemahaman bacaan dan menulis, pemahaman dan pengetahuan umum, dan pengetahuan kuantitatif. Soal-soal yang tertera dalam TPS meliputi, penalaran, bahasa Indonesia, bahasa Inggris, dan kuantitatif (perhitungan matematika umum).smart book TPSSmart Book TPA SAINTEK

 

Waktu yang relatif pendek membuatmu perlu banyak latihan, memahami, mengingat, dan mencorat-coret rumus-rumus Kimia, Fisika, dan Matematika Saintek. Temukan kisi-kisi soal, disertai pemahaman dan pembahasan ringkas dan jelas pada setiap soalnya. Dalam buku ini akan banyak membantumu berjumpa tip dan trik menjawab soal dengan cepat dan tepat. Serta ada ribuan soal HOTS (Higher Order Thinking Skills), dan mengupas tunas pembahasan UTBK SBMPTN.smart book TKA SaintekSmart Book TPA SOSHUM

Keunggulan dari ketiga buku di atas agar membantumu bisa belajar kapan saja dan di mana saja, siswa juga mendapatkan software dan android app.

 smart book tka soshum

Nah bagi kamu kelas XII, angkatan lulusan 2018 dan 2019 dari SMA/SMK/MA yang akan mengikuti UTBK 2020, mulai sekarang persiapkan waktu belajar, menyimak buku latihan soal, persiapkan fisik dan mental juga agar saat pelaksanaan kamu sehat lahir dan batin. Persiapan matang, usaha untuk belajar, serta doa agar dapat lolos ke PTN favorit yang menjadi impianmu.

Jangan lupa bahagia dan nikmati prosesnya, gaes. Salam sukses!

 

 

 

Foto dari Helloquence on Unsplash

 

 

 

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.