10 Perguruan Tinggi Negeri Terfavorit di SBMPTN 2019, PTN Impianmu yang Mana?

Untuk kamu siswa SMA tentu saja mengetahui jika di Indonesia terdapat beberapa perguruan tinggi negeri dan kamu tentu memiliki cita-cita untuk bisa menjadi salah satu mahasiswa/i di perguruan tinggi negeri tersebut bukan? Namun, untuk lolos ke PTN bukanlah hal yang mudah karena persaingannya yang begitu ketat, namun juga bukan hal yang mustahil. Apakah perguruan tinggi yang kamu pilih merupakan PTN favorit? Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi ( Kemenristekdikti) mengumumkan 10 perguruan tinggi negeri yang paling diminati pada SBMPTN 2019 kemarin.

  1. Universitas Brawijaya

Universitas yang berlokasi di Malang ini menjadi perguruan tinggi yang paling diminati calon mahasiswa. Jumlah calon mahasiswa yang mendaftar sebanyak 55.871 peserta, merupakan jumlah yang sangat besar dibandingkan perguruan tinggi lainnya.

  1. Universitas Sebelas Maret

Universitas Sebelas Maret menempati urutan ke dua setelah Universitas Brawijaya. Jumlah pendaftar sejumlah 48.735 peserta.

  1. Universitas Diponegoro

Di urutan ke tiga terdapat Universitas Diponegoro, jumlah calon mahasiswa yang mendaftar di perguruan tinggi ini tidak kalah dengan Universitas Sebelas Maret, yaitu sebanyak 48.735 peserta.

  1. Universitas Pendidikan Indonesia

Perguruan tinggi yang memiliki yang terdapat di Bandung, Cibiru, Tasikmalaya, dan sekitarnya memiliki pendaftar yang lumayan banyak yaitu 48.231 peserta.

  1. Universitas Negeri Semarang

Di urutan ke lima terdapat Universitas Negeri Semarang yang memiliki peminat sebesar 44.937 peserta dar berbagai daerah.

  1. Universitas Padjadjaran

Perguruan tinggi negeri yang terletak di Jatinangor ini memiliki jumlah pendaftar sebanyak 41.970 peserta.

  1. Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanudin menempati posisi ke tujuh menurut Kemenristekdikti dan memiliki jumlah pendaftar sejumlah 41.846 peserta.

  1. Universitas Jember

Universitas Jember memiliki jumlah pendaftar sebanyak 40.173 setelah Universitas Hasanuddin.

  1. Universitas Negeri Yogyakarta

Universitas yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta ini memiliki peminat sebanyak 38.007 pendaftar.

  1. Universitas Sumatera Utara

Walaupun jaraknya jauh dari ibu kota dan terdapat di Pulau Sumatra, tidak menyurutkan calon mahasiswa yang berminat masuk di perguruan tinggi ini. Jumlah peminat perguruan tinggi ini sebanyak 36.585 peserta.

master bedah kisi kisi UTBK SBMPTN Saintek 2020Adakah PTN impianmu di atas? Perguruan Tinggi Negeri memang menjadi pilihan utama bagi sebagian besar para lulusan SMA karena selain harganya yang terjangkau, fasilitasnya juga lengkap dan kualitasnya tidak diragukan. Nah, jika kamu benar-benar ingin lolos SBMPTN, maka kamu harus belajar dengan tekun, giat, dan membuat strategi yang cerdas. Belajar dari sekarang saat kamu masih memiliki cukup banyak waktu. Buku Master Bedah Kisi-Kisi UTBK SBMPTN SAINTEK & Master Bedah Kisi-Kisi UTBK SBMPTN SOSHUM 2020 dapat menjadi pilihan cerdas untuk menjadi teman belajar menghadapi UTBK SBMPTN 2020. Buku ini berisi 69 Modul Materi dan Kumpulan Soal UTBK SBMPTN Saintek yang terdiri atas Tes Potensi Skolastik (Penalaran Umum, Pemahaman Bacaan dan Menulis, Pengetahuan dan Pemahaman Umum, serta Pengetahuan Kuantitatif) dan Tes Kemampuan Akademik Saintek (Matematika Saintek, Fisika, Kimia, dan Biologi). Sebagai latihan, buku ini menyediakan ribuan soal UTBK SBMPTN Saintek plus pembahasan. Kamu juga akan mendapatkan 2 paket prediksi jitu UTBK SBMPTN Saintek 2020 plus pembahasan. Tidak ketinggalan, kamu juga akan mendapatkan beragam software dan aplikasi android agar kamu dapat belajar di mana saja dan kapan saja.

 

 

Foto: shutterstock.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.