Buku Lengkap Latihan Ujian SNMPTN IPC

update-try-out-prediksi-snmptn-ipcMasuk perguruan tinggi negeri (PTN) harus melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). SNMPTN berupa ujian tertulis yang dilakukan serentak secara nasional untuk menyeleksi calon mahasiswa yang berhak masuk ke PTN. Lokasi pelaksanaannya dibagi menjadi empat wilayah. Wilayah satu, meliputi perguruan tinggi yang ada di Sumatera, Jawa Barat dan DKI Jakarta.

 

Sedangkan wilayah dua, meliputi wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Sedangkan wilayah tiga, meliputi Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, dan Kalimantan. Untuk wilayah empat, meliputi Sulawesi dan Papua. Setiap siswa yang telah lulus dari satuan pendidikan dan ujian nasional SMA/MA/SMK/MAK atau setara berhak mengikuti SNMPT dengan melengkapi persyaratan lainnya.

SNMPTN merupakan jalur keramat yang mesti dilewati oleh peminat masuk PTN berdasarkan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2010 tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 34 Tahun 2010 tentang Pola Penerimaan Mahasiswa Baru Program Sarjana pada Perguruan Tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Persiapan matang merupakan cara satu-satunya yang paling efektif untuk mengikuti SNMPTN. Semua jawaban yang Anda berikan dalam setiap soal menentukan kelulusan Anda dalam seleksi. Perhitungannya, jika menjawab benar, Anda mendapat nilai +4. Jika menjawab salah, Anda mendapatkan nilai -1. Sedangkan jika tidak menjawab, Anda mendapatkan nilai 0. Inilah sistem penilaian unik di dalam SNMPTN yang mesti diketahui. Jadi, jika Anda benar-benar tidak yakin benar atas jawaban yang Anda berikan, sangat disayangkan. Karena jika jawabannya salah, nilai Anda akan dikurangi minus satu.

Ujian tertulis yang diselenggarakan meliputi dua jenis, yaitu Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Bidang Studi (TBS) Prediktif. TBS meliputi Tes Bidang Studi Dasar, Tes Bidang Studi IPA, dan Tes Bidang Studi IPS. Bagi kelompok ujian Ilmu Pengetahuan Campuran (IPC) dapat memilih maksimal tiga program studi dengan catatan minimal satu program kelompok IPA dan satu program studi kelompok IPS.

Pertanyaannya, sudahkah Anda memiliki persiapan matang untuk menghadapi SNMPTN tahun ini? Persiapkan diri sebaik-baiknya agar Anda siap tempur secara mental dan intelektual. Jika Anda merasa kebingungan, kami punya solusi yang praktis dan mudah untuk persiapan menghadapi SNMPTN, yaitu dengan berlatih mengerjakan soal-soal SNMPTN pada program IPC.

C-Media menerbitkan buku Update Try Out & Prediksi SNMPTN yang berisi paket soal-soal try out dan prediksi SNMPTN lengkap dengan pembahasannya. Soal-soal di dalam buku ini disusun dari soal yang pernah muncul di SNMPTN dan soal yang dibuat sendiri oleh para tentor bimbel yang berpengalaman. Pembahasannya disajikan secara detail, lengkap, dan mudah dipahami. Buku yang disusun oleh Tim Presiden Eduka ini sangat tepat Anda jadikan sebagai media latihan dalam mempersiapkan diri menghadapi SNMPTN untuk program IPC.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.