Berlatih Efektif Menembus Ujian Nasional SMP 2011

Setiap siswa menginginkan lulus dalam Ujian Nasional (UN). Untuk lulus UN, belajar saja belumlah cukup. Diperlukan pengetahuan dan strategi tepat agar memperoleh hasil maksimal. Siswa mesti memahami materi Ujian Nasional, mengetahui model soal yang muncul, dan mengetahui kisi-kisi soal yang muncul.

Ujian Nasional merupakan salah satu instrumen dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu. Tujuannya adalah untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran tertentu. Untuk SMP, mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Hasil Ujian Nasional memberikan pengaruh yang cukup besar bagi siswa. Jika lulus, siswa bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, jika tidak, secara otomatis mengulang satu tahun lagi. Begitu pula nilai Ujian Nasional. Siswa yang nilainya bagus dapat dengan mudah memilih sekolah favoritnya, sedangkan yang nilainya kurang bagus harus bersaing ketat dengan siswa lainnya.

Menembus kelulusan UN tentu sudah jadi kewajiban setiap siswa. Maka, belajar secara maksimal sudah jadi kemestian. Bahkan, sebagian menempuh sistem belajar alternatif agar hasilnya berbuah sesuai harapan, misalnya dengan mengikuti Bimbel atau privat di luar jam pelajaran.

Penerbit CMedia menawarkan alternatif belajar guna mewujudkan harapan siswa, yaitu dengan menerbitkan buku “Ringkasan Materi & Latihan Soal-soal UN SMP 2011”. Buku ini menjadi solusi mudah bagi siswa dalam menghadapi UN SMP 2011. Buku ini berisi empat kunci pokok menghadapi nasional, di antaranya:

– kisi-kisi Ujian Nasional berbentuk Standar Kompetensi Lulusan (SKL) UN SMP,
– ringkasan materi Ujian Nasional SMP yang disusun berdasarkan SKL UN SMP,
– soal dan pembahasan Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya, dan
– prediksi Ujian Nasional SMP 2011.

Buku ini merupakan hasil kerja kelompok dari Dewi Damayanti, S.Si, Mira Juangsih, S.Si, Asep Sukandar, S.Pd., & Lingga Kartini, A.Md. Mereka menyusun buku ini untuk membantu Anda lebih siap menghadapi UN SMP 2011 sehingga “siap tempur” ketika waktunya telah tiba.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.