Siap Tempur Menghadapi UASBN SD 2011

Mewujudkan pendidikan bermutu dan meningkatkan lulusan yang bermutu diperlukan instrumen atau sistem. Di antaranya melalui Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (UASBN) yaitu yang diselenggarakan secara terintegrasi dengan pelaksanaan ujian sekolah/madrasah.

Adapun tujuan pelaksanaan UASBN adalah untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, serta Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan mendorong tercapainya target wajib belajar pendidikan dasar yang bermutu.

Sedangkan hasil UASBN digunakan sebagai salah satu pertimbangan untuk:
1) pemetaan mutu satuan pendidikan,
2) dasar seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya,
3) penentuan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan, dan
4) dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya peningkatan.

Setiap paket soal UASBN terdiri atas 25% soal yang ditetapkan oleh BSNP dan berlaku secara nasional, serta 75% soal yang ditetapkan oleh penyelenggara UASBN tingkat provinsi berdasarkan kisi-kisi soal UASBN Tahun Pelajaran 2010/2011 yang ditetapkan oleh BSNP.

Soal UASBN yang ditetapkan oleh BSNP, dipilih dan dirakit dari bank soal sesuai dengan kisi-kisi soal UASBN Tahun Pelajaran 2010/2011. Bank soal dikembangkan dan dikelola oleh Pusat Penilaian Pendidikan pada Badan Penelitian dan Pengembangan, Departemen Pendidikan Nasional. Soal UASBN yang ditetapkan oleh penyelenggara UASBN tingkat provinsi disusun oleh guru yang berpengalaman menyusun soal dari setiap kabupaten/kota yang sudah dilatih.

Buku Pintar UASBN SD 2011 yang diterbitkan C-Media ini merupakan kisi-kisi UASBN 2011 yang disusun berdasarkan SKL UASBN 2011 yang bisa kamu jadikan untuk berlatih menghadapi UASBN 2011. Buku ini bisa membantu kamu dalam mengetahui materi yang akan diujikan pada UASBN 2011 sehingga kamu bisa lebih mudah menjawabnya.

Selain itu, buku yang disusun oleh Ernawati Waridah, S.S, Tutuk Rukomono, S.Si, dan Rudi Norman Permana, S.Pd ini berisi rangkuman pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Dari rangkuman ini kamu tidak perlu lagi membawa banyak buku untuk persiapan menghadapi UASBN 2011.

Buku ini juga merupakan kumpulan soal dan pembahasan UASBN tahun-tahun sebelumnya yang bisa dijadikan barometer untuk mengetahui bentuk soal yang muncul. Alhasil, buku ini sangat tepat kamu jadikan sarana latihan mengerjakan soal-soal try-out yang disusun sesuai SKL UASBN 2011 sehingga kamu sudah siap tempur pada UASBN yang akan datang.

Selamat berlatih…!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.