5 Alasan Magang Saat Kuliah itu Penting

Magang adalah praktik kerja yang dilakukan selama kurang lebih satu sampai tiga bulan selama masa perkuliahan. Program magang ini dijadikan syarat kelulusan mahasiswa. Sebagian mahasiswa terasa berat untuk melaksanakan program magang ini karena tidak siap untuk menghadapi dunia kerja sebenarnya, khawatir tidak dapat beradaptasi, dan hal-hal lain yang terasa menakutkan mengenai dunia kerja. Padahal program magang yang singkat ini memiliki banyak manfaat untuk mahasiswa. Berikut alasan mengapa magang saat kuliah itu penting.

  1. Menambah Pengalaman

Saat magang, kamu akan mempraktikan teori-teori yang sudah dipelajari selama di bangku kuliah. Walaupun kenyataan yang ada di lapangan tidak sama dengan teori tersebut. Namun, hal itu akan menambah pengetahuan dan pengalaman kamu untuk dijadikan bekal di dunia kerja nanti.

  1. Menambah Jaringan

Magang adalah batu loncatan pertama yang dapat dicapai untuk memulai mengembangkan jaringan dengan bertemu banyak orang. Jaringan tersebut berguna untuk memperoleh informasi pekerjaan saat kamu lulus nanti. Bahkan kamu dapat bekerja di tempat magang terdahulu jika saat magang kamu mempunyai kinerja yang memuaskaan.

 

BACA JUGA:  5 Alasan Istimewa Mendapatkan Beasiswa Itu Penting

 

  1. Melengkapi CV

Sebagai mahasiswa, pasti kamu berlomba-lomba untuk memperoleh pengalaman sebanyak-banyaknya. Salah satunya pengalaman dari magang ini. Dengan pengalaman magang ini, kamu dapat menambah daftar pengalaman dalam Curiculum Vitae. Hal tersebut dapat menjadi daya tarik perusahaan untuk merekrut kamu sebagai karyawannya.

  1. Belajar mengelola Waktu

Dalam dunia kuliah dan dunia pekerjaan sangat berbeda. Jika saat kuliah kamu masih bisa titip absen kehadiran atau datang tidak tepat waktu, tapi lain halnya dalam dalam bekerja. Dalam program magang ini kamu dilatih untuk disiplin dalam segala hal dan harus lebih menghargai waktu. Tentu saja dengan tujuan agar kamu dapat mengelola waktu dan dapat menghadapi kendala-kendala saat bekerja nanti.

  1. Kesempatan Direkrut sebagai Karyawan

Jika kamu memiliki kinerja yang bagus saat program magang, maka kemungkinan besar kamu dapat direkrut sebagai karyawan. Dengan begitu kamu tidak akan sulit untuk mencari pekerjaan setelah lulus kuliah.

 

Foto: ShutterStock.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.