Trik Jitu Belajar Efektif dan Efisien

Belajar seringkali merupakan kegiatan yang membosankan dan sesuatu yang dianggap remeh. Padahal dengan belajar kamu dapat menambah ilmu pengetahuan yang dapat digunakan sehari hari maupun di masa mendatang. Tanpa belajar kamu bagaikan tong kosong yang tidak ada isinya. Berikut ini adalah tip dan trik belajar efektif dan efisien agar kamu tidak bosan dan stress dalam belajar.

  1. Tempat yang Nyaman

Suasana yang nyaman akan membuat otak kamu lebih gampang menyerap materi yang dipelajari sehingga kamu betah berlama lama untuk belajar. Di teras rumah, taman, maupun meja belajar, ataupun tempat-tempat yang dapat menaikkan mood belajarmu dapat menjadi pilihan tempat yang nyaman untuk kamu belajar.

 

  1. Waktu yang Tepat

Dalam belajar kamu harus memiliki jadwal waktu belajar. Kapan waktu yang tepat dan berapa lama waktu yang diperlukan untuk belajar. Durasi belajar tidak perlu terlalu lama karena otakmu akan lelah, cukup sebentar saja tapi dengan konsisten maka pelajaran akan mudah terserap.

 

BACA JUGA:

 

 

  1. Metode Belajar

Setiap orang memiliki cara tersendiri untuk belajar, maka dari itu penting untuk mengetahui metode apa yang tepat untuk dirimu. Metode belajar dengan menggunakan musik, dengan menggunakan gerakan, dan dengan menggunakan gambar bisa dipilih untuk mempermudah dalam belajar dan tidak akan membuat kamu merasa bosan.

 

  1. Menghindari Sistem Kebut Semalam

Sistem kebut semalam adalah hal yang harus dihindari terlebih lagi saat ingin ulangan keesokan harinya. Kamu tidak diperkenankan untuk melahap semua materi dalam jangka waktu satu malam karena selain tidak efektif, sistem kebut semalam akan membuat dirimu kekurangan jam tidur sehingga akan mengantuk saat harus menyerap pelajaran di kelas.

 

  1. Mengurangi Mengahafal tapi Memahami

Menghafal semua materi akan membuat kepala terasa pusing. Disarankan untuk lebih memahami suatu materi karena dengan memahami kamu tidak akan cepat lupa. Berbeda dengan menghafal, selain akan cepat lupa, kamu belum tentu mengerti apa yang kamu hafal.

 

Foto: shutterstock.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.