Tips dan Trik Sukses SNMPTN 2013

tip-trik-sukses-snmptnAnda mungkin telah banyak belajar di ruangan kelas untuk mengejar prestasimu dalam kelulusan sekolah. Kami ikut merasa senang jika Anda mendapatkan nilai yang memuaskan dari hasil Ujian Nasional SMA, SMK atau MA. Sekarang, Anda pasti sedang berpikir bagaimana caranya agar dapat masuk ke Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Dan, tentu saja jika ingin diterima di PTN, Anda mesti lulus seleksi yang diselenggarakan secara nasional yang biasa disebut SNMPTN.

Kami memiliki tips dan trik ampuh agar Anda dapat lulus masuk Perguruan Tinggi Negeri. Tips dan trik ini dibagi ke dalam dua bagian, yaitu persiapan sebelum ujian dan ketika ujian SNMPTN.

A. Tips dan trik persiapan menghadapi Ujian
 1. Meneguhkan mental positif. Kunci kesuksesan seseorang dalam bidang apa pun akan dimulai dari mentalnya. Mental positif akan melahirkan pola pikir, impian, dan harapan yang selalu positif. Mental ibarat sebuah otot yang akan menggerakkan potensi Anda sehingga dapat berfungsi optimal dan kuat.
2. Pilihlah jurusan yang tepat sesuai minat, bakat, dan kemampuan Anda. Kesalahan memilih jurusan dapat membuat Anda terjebak di tengah jalan sehingga dapat berujung kegagalan.
3. Sering berlatih mengerjakan soal-soal tahun sebelumnya. Cara ini sangat efektif dalam setiap masa dalam menghadapi ujian SNMPTN. Latihan ini akan memberikan gambaran nyata tentang bentuk-bentuk soal berikut materi-materi yang biasa diujikan. Bahkan, berdasarkan pengalaman, Anda dapat menemukan soal-soal yang mirip atau sama persis pada ujian yang akan dihadapi sehingga Anda sudah memiliki modal jawaban melalui latihan tersebut.
4. Mengikuti sistem tryout untuk mengukur kemampuan Anda dalam menjawab ujian SNMPTN. Tryout merupakan simulasi ujian SNMPTN sebelum menghadapi ujian yang sebenarnya, baik bentuk soal maupun waktunya. Jika Anda gagal dalam tryout, disimpulkan Anda telah gagal SNMPTN sehingga Anda harus belajar dan berlatih kembali untuk terus meningkatkan penguasaan materi yang diujikan.
5. Jaga kesehatan agar Anda dapat konsentrasi penuh, baik sebelum maupun ketika ujian berlangsung.
6. Persiapkan seluruh kebutuhan yang akan dipergunakan pada saat ujian, seperti alat tulis dan kartu ujian.
7. Terus berdoa kepada Allah SWT agar diberikan kelancaran dan kemudahan.

B. Tips dan trik ketika ujian berlangsung.
1. Kerjakan soal-soal menurut prioritasnya. (a) Soal-soal termudah dijawab lebih dahulu. (b) Soal-soal yang meragukan diberi tanda untuk kemudian dikerjakan kembali setelah semua soal-soal termudah dijawab. (c) Soal-soal yang sama sekali tidak Anda ketahui jawabannya diberi tanda khusus untuk kemudian dikerjakan setelah semua soal-soal yang meragukan terjawab.
2. Kerjakan seluruh soal sesuai petunjuk umum dan khusus yang telah diatur. Jangan sampai Anda bisa dinyatakan gagal karena kesalahan yang Anda buat sendiri.

Untuk menunjang kesuksesan dari tips dan trik ampuh di atas, kami merekomendasikan medianya yang dapat Anda pergunakan dalam menjemput kesuksesan pada SNMPTN. Penerbit C-Media menerbitkan seri “100% Pasti Bisa Lolos!” dalam tiga judul buku, yaitu Update Try Out & Prediksi SNMPTN IPC, Update Try Out & Prediksi SNMPTN IPS, dan Update Try Out & Prediksi SNMPTN IPA.

Ketiga buku ini disusun oleh Tim Presiden Eduka yang berisi kelengkapan strategi sukses menghadapi SNMPTN yang berisi informasi SNMPTN, soal-soal dan pembahasan beserta jawaban tes potensi akademik (TPA), kemampuan dasar, dan kemampuan (IPA, IPS, & IPC). Selain itu, dilengkapi bonus CD yang berisi simulasi tryout SNMPTN, penghitung skor, passing grade, daftar parodi, dan tutorial pendaftaran online. Lengkap sekali…!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.