Cara Cepat Belajar Membaca untuk Balita dengan Metode “KUBACA”

Anak-anak-BelajarPengalaman membaca awal yang diberikan secara tepat dan menyenangkan itu sangat penting bagi anak. Pasalnya, melalui proses yang tepat dan menyenangkan inilah anak tidak hanya akan bisa membaca tetapi juga senang membaca.

Hal inilah yang akan anak dapatkan dalam metode Kubaca. Kubaca merupakan sebuah metode belajar membaca yang baru dan berbeda dengan metode membaca pada umumnya. Keunggulan metode ini terletak pada sistem membaca kata secara utuh dengan pilihan kata yang tepat (corpus linguistic) sesuai dengan perkembangan pemerolehan bahasa anak sebagai pembaca pemula.

Metode ini memungkinkan proses belajar membaca menjadi sebuah pengalaman yang bermakna dan menyenangkan bagi anak. Dan yang terpenting, menumbuhkan minat baca yang sehat.

kubacaNah, berikut adalah cara mengajarkan membaca yang mudah bagi anak dengan metode kubaca.

1.    Ajari anak membaca kata.
Sejak lahir bunyi-bunyi yang didengar anak adalah kata. Ketika bisa berbicara, kata juga yang diucapkan anak, bukan bunyi suku kata atau huruf. Kata sudah tersimpan di memori anak, bahkan anak usia 3 – 5 tahun sudah memiliki 12 – 14 ribu kata.
2.    Susun kata menjadi kalimat.
Kata-kata yang diucapkan anak akan disusun menjadi bentuk kalimat sederhana bahkan kalimat sempurna.
3.    Pelajari huruf yang menyusun kata dari bunyi artikulasi.
Kata mama bunyi artikulasinya adalah ma ma huruf-huruf yang menyusunnya m a m a.

Selengkapnya mengenai metode kubaca ini bisa Anda baca dalam buku KUBACA; Metode Cepat Belajar Membaca untuk Balita yang ditulis oleh Bunda Lita. Buku yang diterbitkan Cmedia ini tidak hanya berisi tentang informasi metode kubaca saja. Tetapi juga testimoni orangtua/pengajar yang telah mempraktikkan metode ini, tahap-tahap penting belajar membaca, plus dilengkapi dengan kartu peraga membaca.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.