Tip Terbaik Menghadapi Ujian Akhir Sekolah

Ujian Akhir Sekolah (UAS) tinggal sebentar lagi. Ngga ada salahnya jika kita mulai mempersiapkannya mulai sekarang. Ibarat kata pepatah, “Sedia payung sebelum hujan.”

Mempersiapkan UAS dari sekarang bukan sesuatu yang salah. Sebaliknya, mempersiapkan UAS dari sekarang merupakan langkah terbaik. Kita bisa belajar dengan maksimal, tanpa harus terburu-buru seperti belajar SKS (sistem kebut semalam). Jika belum mengerti, kita bisa berdiskusi dengan teman yang lebih paham. Enak, kan? Jadi, lebih santai.

Bagaimana jika belajar sekarang, tetapi nantinya lupa? Kita tidak akan lupa jika materi yang dipelajari masuk ke long term memory. Apa itu long term memory? Long term memory merupakan sistem otak yang berfungsi menyimpan informasi secara permanen dan dapat digunakan lain waktu untuk diingat. Informasi dapat disimpan secara permanen jika otak kita menerimanya dalam keadaan bahagia atau informasi itu lekat dengan kehidupan kita.

Sekarang pertanyaannya, bagaimana belajar yang membahagiakan itu? Nikmati proses belajarnya. Saat belajar sendiri, kita bisa membuat proses belajar yang menyenangkan. Proses belajar ini dapat dimulai dengan mengenali tipe belajar kita. Apa saja tipe belajar kita? Selengkapnya pada link berikut ini.

Setelah mengenali tipe belajar, kita bisa mulai menikmati proses belajarnya. Kenapa? Proses belajar yang sesuai tipe kita akan menghadirkan perasaan senang atau suka, bukan keterpaksaan. Bagaimana jika belum menyukainya? Itu tandanya kita belum mengenali tipe belajar yang sesuai diri sendiri.

Bagaimana contoh membuat belajar yang menyenangkan? Salah satu caranya dengan membuat mind map. Untuk tipe belajar visual dan audiovisual, membuat mind map sangat membantu. Terlebih lagi jika mind map dibuat berwarna-warni. Untuk tipe auditori, mind map juga bisa digunakan dan akan maksimal jika dipelajari bersama dengan mendengarkan musik—misalnya.

Mind Map

Membuat mind map ini termasuk proses mengulang materi pelajaran. Dalam membuat mind map, kita harus meringkas materi lalu membuatnya menjadi lebih menarik. Bentuknya mirip akar tumbuhan yang bercabang-cabang. Gagasan pokok terletak pada bagian utamanya, sedangkan penjelasan pada cabang-cabang akarnya.

Aduh, bukunya teks semua, susah buat meringkasnya! Tidak perlu khawatir. Sekarang banyak buku berbentuk buku saku atau pocket book yang berisi ringkasan materi. Biasanya, buku seperti itu juga dilengkapi dengan contoh soal beserta pembahasan. Salah satu pocket book terbaik yang dapat membantu proses belajar ini, yaitu New Edition Pocket Book Matematika SMA/MA Kelas X, XI, dan XII.

New Edition Pocket Book Matematika SMA/MA Kelas X, XI, dan XII bisa menjadi salah satu cara tip belajar yang ampun untuk UAS. Materinya diringkas dengan poin-poin yang mudah dimengerti. Setiap detail materi disertakan contoh soal dan pembahasan untuk memperdalam pemahaman.

Setiap bagian awal bab, tersedia peta konsep yang bisa dijadikan dasar mind map. Kita tinggal menambahkan penjelasan penting atau bahkan rumus terkait. Jadi, lebih membantu, kan?

Selain kemudahan itu, buku ini juga dilengkapi bonus yang super bermanfaat untuk menunjang belajar kita. Contohnya, free try out online yang bisa mengukur kemampuan kita. Ada juga free android app UN CBT dan SBMPTN. Hmm… bonus ini tentunya bermanfaat sekali untuk kita yang akan berada di kelas 12. Yang tidak kalah bermanfaatnya, yaitu kesempatan mendapat beasiswa dari Penerbit CMedia. Bonus beasiswa ini khusus untuk kita yang membeli buku Penerbit CMedia bertanda “Bonus Beasiswa”. Kenapa begitu? Formulir beasiswa sebagai syarat utama hanya terdapat pada bagian belakang buku. Jadi, hanya pemilik buku saja yang mendapatkan peluang beasiswa tersebut. Menarik, bukan?

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.