Tip Mudah dan Cepat Belajar Grammar

Dalam memahami bahasa Inggris, tentu kita perlu mempelajari tata bahasa yang biasa dikenal dengan istilah grammar. Namun, hampir sebagian orang merasa kesulitan ketika sedang mempelajari dan memahami grammar ini padahal grammar menjadi elemen penting juga dalam berbahasa Inggris. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mempelajari grammar jika kita niat untuk belajar. Yuk simak tips mudah dan cepat untuk belajar grammar bahasa Inggris berikut.

  • Mulailah dari hal paling dasar

Kunci sukses belajar grammar adalah dengan menguasai hal-hal paling dasar terlebih dahulu karena akan membuat kita lebih mudah dalam mempelajari materi-materi berikutnya. Hal-hal dasar disini seperti menguasai tenses, verb, adverb, dan hal-hal mendasar lainnya.

  • Ubahlah kebiasaan

Ubah kebiasaan kita dengan kebiasaan baru yang ada hubungannya dengan bahasa Inggris. Misalnya mendengarkan lagu-lagu berbahasa Inggris kemudian pelajari setiap lirik-liriknya, menonton film berbahasa Inggris atau film yang bersubtitle bahasa Inggris, memperbanyak bacaan berbahasa Inggris seperti yang ada di novel, majalah, ataupun berita, dan sebagainya.

  • Siapkan kamus

Selalu siapkan kamus dimanapun kita berada. Kamus dapat membantu ketika kita menemukan kata-kata asing yang tidak kita pahami artinya. Kamus disini bisa berupa kamus saku atau aplikasi kamus.

  • Jangan malu untuk sharing dengan teman yang lebih pandai

Carilah teman yang memiliki kemampuan bahasa Inggris diatas rata-rata kemudian sharinglah dengannya. Dengan sharing, kita akan tahu dimana letak kesalahan-kesalahan yang selalu kita lakukan dalam menyusun kalimat bahasa Inggris. Selain itu, sharing dapat menambah wawasan dan ilmu yang nantinya akan membuat kita jauh lebih cepat berkembang.

  • Ikuti kursus bahasa Inggris

Jika kita kesulitan belajar bahasa Inggris secara mandiri, maka kita bisa mengikuti kursus-kursus bahasa Inggris yang ada di sekitar lingkungan kita. Selain itu, ada juga kursus-kursus online yang tentu sangat membantu kita dalam mendalami ilmu berbahasa Inggris.

  • Praktek

Ingatlah pepatah “practice makes perfect”. Setelah kita mempelajari teori-teori grammar yang ada, tentu akan lebih sempurna jika kita latihan mempraktekkannya. Cara mempraktekkannya yaitu dengan mengingat kembali teori grammar yang sudah dipelajari, menulis dan membuat kalimat demi kalimat dengan grammar yang baik, serta mengucapkan kalimat yang sudah ditulis tadi.

Referensi Menguasai Grammar

smart book grammar cmediaSelanjutnya untuk kamu yang ingin lebih cepat menguasi English grammar dapat belajar menggunakan buku SMART BOOK OF GRAMMAR. Di dalam buku ini kamu akan mendapatkan ringkasan materi English Grammar, terdiri atas 18 bab yang dikupas tuntas dengan bahasa yang mudah dipahami oleh Anda yang baru mempelajari bahasa Inggris sekalipun. Tip dan Trik, berisi kumpulan tip dan trik seputar penggunaan tata bahasa Inggris yang baik dan benar. Soal Latihan & Pembahasan, terdiri atas ratusan soal yang akan menguji kemampuan anda dalam berbahasa Inggris. Free Android Apps TOEFL CMedia”, agar Anda bisa belajar dan berlatih kapan saja dan di mana saja. Inilah beberapa tips untuk belajar grammar bahasa Inggris yang mudah dan cepat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. J

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.