Tip dan Trik Mendapatkan Jalur SNMPTN Undangan 2018

Masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) merupakan harapan setiap siswa atau siswi di seluruh Indonesia. Dengan berbagai cara para pelajar tersebut masuk PTN, mulai dari mengikuti bimbingan belajar intensif atau dengan belajar berkelompok. Adapun beberapa tahun belakangan ini, pelajar lulusan SMA/MA/SMK/Sederajat dapat masuk di PTN melalui beberapa jalur. Salah satu jalur yang dibuka oleh pemerintah adalah jalur SNMPTN Undangan yang pendaftarannya akan dibuka bulan depan (tahun 2018). Agar pelajar dapat lulus jalur SNMPTN Undangan, diperlukan cara atau strategi yang akan diulas sebagai berikut.

Mengetahui akreditasi sekolah

Akreditasi sekolah sangat menentukan berapa banyak kuota SNMPTN Undangan yang diperoleh sekolah. Artinya, tidak semua siswa mendapat kesempatan untuk ikut seleksi lewat jalur SNMPTN Undangan. Hanya mereka yang tergolong pintar atau sering juara di kelas yang mendapat kesempatan tersebut.

Mengetahui penyebaran alumni di sekolah yang lulus PTN melalui jalur SNMPTN Undangan

Jika alumni lulus di kampus-kampus besar dan favorit (UI, ITB, IPB, UGM), artinya PTN tersebut dapat dijadikan pilihan SNMPTN Undangan. Jika tidak, maka sebaiknya pilihlah PTN yang banyak alumni sekolah.

Melihat Passing Grade di PTN yang dipilih

Hal ini diperlukan untuk membaca peluang lulus atau tidak nantinya. Pilihlah PTN yang memiliki Passing Grade sesuai dengan nilai sekolah yang diperoleh.

Jangan mengikuti teman, ikuti pilihan hati sendiri

Kuliah bukan untuk ikut-ikutan karena hal itu akan menyulitkan. Yakin dengan pilihan sendiri setelah mempertimbangkan nilai, kemampuan, dan Passing Grade.

Melampirkan sebanyak mungkin prestasi sewaktu sekolah

Tujuannya agar pihak PTN mempertimbangkan kemampuan tersebut. Prestasi yang dapat dilampirkan seperti juara regional, tingkat kabupaten atau provinsi, atau juara nasional, bahkan juara internasional.

Melampirkan riwayat organisasi sewaktu sekolah

Organisasi juga sangat penting dan tak kalah penting dengan prestasi.

Demikian pembahasan mengenai strategi untuk lulus SNMPTN Undangan. Semoga dapat menjadi panduan awal bagi kalian yang ingin masuk PTN melalui jalur SNMPTN Undngan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.