Tip Lolos Ke Perguruan Tinggi Negeri Terbaik Versi Kemenristekdikti

Kemenristekdikti melakukan klasterisasi perguruan tinggi dalam 2 kategori, yaitu Perguruan Tinggi Non-Vokasi (pendidikan akademik), yang terdiri dari Universitas, Institut, dan Sekolah Tinggi, dan kategori Perguruan Tinggi Vokasi, yang terdiri dari Politeknik dan Akademi. Untuk kamu siswa kelas 12 yang merupakan calon mahasiswa baru pasti sedang sibuk mencari perguruan tinggi negeri. Tapi pasti kamu tidak asal dalam memilih perguruan tinggi tempat kamu menggantungkan masa depanmu. Tentu saja kamu akan memilih perguruan tinggi yang dianggap baik. Di bawah ini terdapat 13 perguruan tinggi negeri terbaik tahun 2019 menurut kemenristekdikti (klaster 1).

  1. Institut Teknologi Bandung
  2. Universitas Gadjah Mada
  3. Institut Pertanian Bogor
  4. Institut Teknologi Sepuluh Nopember
  5. Universitas Indonesia
  6. Universitas Diponegoro
  7. Universitas Airlangga
  8. Universitas Hasanuddin
  9. Universitas Brawijaya
  10. Universitas Padjajaran
  11. Universitas Andalas
  12. Universitas Sebelas Maret
  13. Universitas Sumatera Utara

 

Tip Agar Lolos di Perguruan Tinggi Terbaik

Untuk dapat masuk berbagai perguruan tinggi yang telah disebutkan pastinya tidak mudah, terlebih lagi dengan jumlah peminat yang banyak, kamu harus berusaha lebih giat lagi untuk dapat lolos ke PTN dan jurusan yang kamu impikan. Di bawah ini terdapat tips-tips agar lolos di perguruan tinggi.

  1. Belajar secara Konsiten

Semua tidak dapat dicapai tanpa ada usaha dari diri kamu sendiri. Maka dari itu, kamu harus membiasakan diri untuk konsisten dalam belajar. Sesuai pepatah sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit. Begitupun dengan belajar, walaupun sedikit yang kamu pelajari tapi secara konsisten maka peluang kamu terbuka semakin lebar, terlebih seaat kamu masih punya banyak waktu untuk memulainya.

  1. Memilih Jurusan dan Perguruan Tinggi yang Sesuai

Dengan pelaksanaan dan penilaian UTBK yang lebih transparan sekarang kamu dapat mengetahui jumlah nilai yang kamu peroleh. Oleh karena itu, kamu dapat menyesuaikan jumlah nilai yang kamu peroleh dengan salah satu perguruan tinggi negeri yang memiliki rentang nilai yang kamu miliki dari UTBK tersebut.

  1. Memperhatikan Jumlah Penerimaan Setiap Jurusan

Dalam memilih perguruan tinggi tidaklah hanya memikirkan jurusan apa yang keren untuk dipilih. Tapi kamu harus mempertimbangkan jumlah penerimaan setiap jurusan. Agar kamu dapat lolos, kamu harus mengetahui berapa jumlah penerimaan mahasiswa. Semakin besar daya tampung suatu jurusan, maka semakin pula peluang yang kamu miliki.

  1. Berdoa

Jika segala usaha sudah dilakukan, maka tahap terakhir yang kamu lakukan adalah berdoa agar semua berjalan sesuai dengan yang direncakan. Walau dianggap tidak penting, hal ini merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan.

 

mega bank utbk sbmptn saintek 2020Langkah yang paling penting dari semua hal yang telah dibahas di atas adalah strategi dan ketekunan dalam belajar. Belajar dengan buku yang tepat untuk mencapai hasil yang terbaik. Buku Best Seller Mega Bank UTBK SBMPTN SOSHUM 2020 dan Mega Bank UTBK SBMPTN SAINTEK 2020 menjadi solusi cerdas untuk kamu yang ingin lebih memahami materi dan berlatih soal-soal UTBK SBMPTN 2020. Kamu akan mendapatkan informasi terkini SBMPTN 2020, paket soal asli UTBK SBMPTN dan pembahasan, paket try out UTBK SBMPTN 2019 dan pembahasan, paket prediksi UTBK SBMPTN 2019 dan pembahasan, paket software UTBK SBMPTN 2019 dan Pembahasan. Software TOEFL Cmedia, free Apps Android dan berbagai Ebook yang menunjang persiapanmu. Soal-soal di dalam buku ini juga 99% mengandung soal HOTS untuk dapat menambah daya berpikir analitismu, jadi kamu tidak perlu khawatir lagi menghadapi soal HOTS. Jadi, tunggu apa lagi, yuk persiapkan dirimu untuk UTBK SBMPTN 2020.

 

 

 

 

 

 

Foto: shutterstock.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.