Siap Menghadapi UN SMA IPS 2013 dengan Nilai Sempurna

99-lulus-un-sma-ips-2013Soal-soal yang dibuat pada Ujian Nasional (UN) berasal dari kisi-kisi yang mengacu kepada kompetensi dan indikator pembelajaran. Materi pelajaran juga disusun dari kerangka kompetensi dan indikator tersebut. Dua acuan ini ditentukan sebagai target pencapaian materi secara sistematis dalam kurikulum pendidikan. Tujuannya, agar visi pendidikan dapat tercapai sesuai program yang dicanangkan, terutama oleh Depdiknas.

 

Pada jenjang SMA jurusan IPS, terdapat enam mata pelajaran yang diujikan dalam Ujian Nasional, yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Geografi, Ekonomi, dan Sosiologi. Standar nilai kelulusan yang ditetapkan pemerintah untuk UN 2012/2013 ialah 5.50. Semua mata pelajaran tidak boleh di bawah nilai 4. Pada tahun ini, kelulusan UN tidak ditentukan hanya berdasarkan nilai UN murni, tapi menggunakan formula baru yang dihitung dengan nilai prestasi belajar di kelas.

Walau bagaimanapun, Ujian Nasional memegang peranan yang sangat penting dalam menjamin kelulusan siswa kelas 3 IPS. Karenanya, persiapan sedini mungkin harus segera dimulai. Salah satu sarana mudah dan praktis ialah dengan berlatih mengerjakan soal-soal Ujian Nasional tahun-tahun sebelumnya. Latihan ini sangat bermanfaat sekali untuk membekali calon peserta UN SMA IPS.

Salah satu keuntungan terbesarnya ialah kamu telah dianggap mampu menjawab hingga mencapai 99% soal yang diujikan pada UN kelak. Benarkah? Betul. Pasalnya, dari tahun ke tahun, soal-soal yang dibuat pada UN memiliki kesamaan atau mirip dengan soal-soal ujian tahun sebelumnya. Dengan begitu, berlatih mengerjakan soal-soal UN akan sangat membantu kamu mendapatkan nilai tinggi, bahkan dapat mencapai sempurna.

Terbitnya buku berjudul 99% Lulus UN SMA IPS 2013 ini merupakan kepanjangan yang diberikan oleh penerbit C-Media untuk membantu kamu mendapatkan nilai UN yang sempurna. Buku ini dapat Anda jadikan sebagai media latihan mengerjakan soal-soal Ujian Nasional bagi siswa SMA jurusan IPS yang diambil selama 5 tahun ke belakang periode ujian.

Buku ini merupakan kerja tim dari lima orang penulis, yaitu Ai Erawati, S.Pd., Marlina, S.Pd., Rini Sudarmi, S.Pd., Yuyun Nurani, S.Pd., dan Lia Purbaninsih, S.S. Para penulis memberikan beberapa keunggulan dalam penyusunan buku ini, yaitu meliputi buku ini berisi soal-soal yang dibahas secara detail sehingga mudah dipahami, dikelompokkan per mata pelajaran, dilengkapi dengan kisi-kisi UN masing-masing pelajaran dan prediksi UN 2013, bonus CD berisi soal listening bahasa Inggris tahun 2008—2012, simulasi soal-soal UN, dan Buku Sekolah Elektronik (BSE) SMA IPS, serta dilengkapi soal dan pembahasan Tes Potensi Akademik (TPA) sebagai latihan mengerjakan soal-soal TPA SNMPTN.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.