Menembus Tes CPNS dan Pegawai BUMN

pasti-bisa-lolos-tes-cpns-pegawai-bumnTidak bisa dipungkiri, persaingan memasuki dunia kerja bagi calon pegawai negeri maupun BUMN semakin ketat. Salah satu kesempatan kerja yang banyak diminati angka kerja di Indonesia adalah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Status PNS dan pegawai BUMN dalam pandangan masyarakat kita masih mendapat penghargaan yang cukup tinggi karena dianggap memiliki banyak keuntungan ketika memiliki status tersebut.

 

Di antara ribuan pelamar PNS hanya sedikit yang lolos seleksi karena hanya sedikit kuota yang disediakan oleh instansi pemerintah ataupun BUMN. Untuk menjaring CPNS dan calon pegawai BUMN yang berkualitas dan sesuai dengan minat dan bakatnya, tentunya pemerintah ataupun instansi BUMN menetapkan seleksi yang cukup ketat, salah satunya dengan ujian tertulis. Materi ujian meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) dan Tes Pengetahuan Umum (TPU) meliputi Pancasila, UUD 45, Kebijakan Pemerintah, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris.

Tes Potensi Akademik (TPA) sebenarnya bukanlah jenis tes yang termasuk sulit walaupun beberapa orang menganggap sulit. Namun, sesungguhnya ada beberapa tips dan trik yang dapat membantu dalam menghadapi TPA ini. Di antaranya sebagai berikut.

Pertama, berlatih menjawab soal-soal TPA sebanyak mungkin. Latihan ini akan membuat Anda akrab dengan berbagai jenis dan model soal. Analisis dalam mengerjakan soal-soal tersebut juga akan meningkat seiring dengan banyaknya latihan yang Anda kerjakan.

Kedua, patuhilah batasan waktu dalam mengerjakan TPA yang ada. Ini penting untuk membiasakan diri bekerja dengan cepat dalam menyelesaikan soal-soal tersebut. Jika tidak mematuhi batasan waktu tersebut, Anda akan terbiasa mengerjakannya dengan santai sehingga membutuhkan waktu lama. Jika ini terjadi, maka ketika mengerjakan soal TPA yang sebenarnya, Anda akan mengalami kesulitan dalam pengaturan waktu.

Ketiga, dalam tes TPA, tes angka yang diberikan umumnya adalah angka-angka yang bisa dikerjakan tanpa harus menggunakan rumus-rumus matematika tertentu yang rumit. Karenanya, tidak perlu menghafal berbagai macam rumus matematika yang rumit untuk menghadapi tes TPA agar tidak jadi membebani Anda.

C-Media telah menerbitkan buku Pasti Bisa Lolos Tes CPNS & Pegawai BUMN ini untuk membantu Anda berlatih soal-soal CPNS dan BUMN. Buku ini disusun oleh Nurul Huda, S.Si, M.M, Irwan S.N., S.Psi., dan Siswi Yuni P., S.Psi. yang berisi pola-pola soal yang sering diujikan, tip & trik menyelesaikan soal, dan kumpulan soal latihan menghadapi Tes CPNS dan BUMN. Buku ini akan memberikan Anda kesiapan secara materi dan mental ketika menghadapi tes yang sebenarnya.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.