Perbedaan TOEFL dan IELTS

Saat ini, TOEFL dan IELTS menjadi kebutuhan banyak orang. Kenapa? TOEFL dan IELTS menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi para pelajar yang ingin kuliah keluar negeri. Selain itu, TOEFL dan IELTS juga digunakan sebagai syarat untuk melamar pekerjaan pada perusahan-perusahan tertentu yang tidak saja di luar negeri, tetapi juga dalam negeri. Untuk TOEFL, beberapa kampus juga mensyaratkan hasil TOEFL. Sebenarnya, apa TOEFL dan IELTS itu? Apa perbedaan TOEFL dan IELTS?

 

TOEFL (Test of English as Foreign Language)

 

TOEFL merupakan tes yang menguji kemampuan bahasa Inggris seseorang. Tes ini dilaksanakan oleh ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat, sejak 1964. Bahasa Inggris yang diujikan adalah bahasa Inggris Amerika.

 

TOEFL terdiri dari dua jenis. Pertama, TOEFL IBT (Internet Based Test) yang ujiannya langsung terhubung dengan ETS karena soal dan jawaban dikerjakan di komputer yang terhubung internet. Nilai TOEFL IBT maksimal 120. Kedua, TOEFL ITP (Instituional Testing Program) yang ujiannya dilaksanakan oleh institusional. Nilai TOEFL ITP bisa mencapai 600. Waktu pelaksanaan TOEFL IBT maupun TOEFL ITP berlangsung selama kurang lebih 4 jam. Biaya tes TOEFL IBT sebesar $175, sedangkan biaya tes TOEFL ITP sebesar Rp500.000 (tahun 2016).

 

IELTS (International English Language Testing System)

 

IELTS merupakan tes yang menguji kemampuan bahasa Inggris seseorang. Tes ini dilaksanakan bersama oleh IDP Education Australia, Universitas Cambridge, dan British Council. IELTS terdiri dari listening, writing, reading, dan speaking. Bahasa Inggris yang diujikan adalah bahasa Inggris Britania atau British.

 

Semua jawaban ditulis dengan tangan, kecuali tes speaking. Saat tes speaking, peserta harus menjawab pertanyaan yang diajukan penilai secara langsung. Waktu pelaksanaan IELTS ini berlangsung selama 2 jam 45 menit. Hasil IELTS dinilai dengan skor 0-9 dan skor akhir dengan skala 0-9. Biaya tes IELTS sebesar $195.

 

Itulah perbedaan TOEFL dan IELTS. Kita bisa memilih salah satunya atau bahkan keduanya sesuai keperluan. Meskipun berbeda, sebenarnya, keduanya sama-sama mengukur kemampuan berbahasa Inggris.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.