Masuk UGM Susah? Kamu Harus Tahu Trik Ini!

Universitas Gajah Mada (UGM) menjadi kampus tertua dan terbesar di Indonesia. Berdasarkan webometrics.info, UGM tercatat sebagai kampus peringkat pertama di Indonesia atau peringkat 817 di dunia. Tidak mengherankan jika setiap tahunnya, kampus ini banyak diminati calon mahasiswa dari berbagai daerah.

Bagaimana untuk masuk UGM? Susah, begitu kata banyak orang. Sebenarnya, masuk kampus berkualitas ini tidak susah jika kamu tahu trik ini.

Tahu Jalur Masuknya

Sudah tahu jalur masuk UGM? UGM memiliki 5 jalur masuk yang bisa diikuti dan disesuaikan dengan kemampuan.

  1. SNMPTN

Jalur masuk ini menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan hasil prestasi akademik di rapor. Ada perbedaan untuk penilaian rapor SMA atau sederajat dengan SMK yang masa belajarnya 4 tahun.

  1. Untuk SMA/SMK/MA atau sederajat, dinilai berdasarkan rapor semester 1 sampai dengan semester 5.
  2. Untuk SMK yang masa belajarnya 4 tahun, dinilai berdasarkan rapor semester 1 sampai dengan semester 7 atau 3 tahun ajaran serta portofolio akademiknya.

SNMPTN ini telah ditutup pendaftarannya pada 6 Maret 2017 lalu. Proses seleksi dilaksanakan pada 15 Maret – 15 April 2017, sedangkan pengumuman hasil seleksi pada 26 April 2017.

 

  1. SBMPTN

Jalur masuk ini menyeleksi calon mahasiswa berdasarkan ujian tertulis yang dilaksanakan serempak di Indonesia. Ujian tertulis ini terdiri dari:

  1. Paper-Based Testing (PBT)
  2. Computer-Based Testing (CBT)

 

Untuk mendaftar SBMPTN, calon mahasiswa dapat melakukannya secara online pada laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id. Tanggal pembukaan untuk mendaftar SBMPTN dilaksanakan pada 11 April – 5 Mei 2017. Pelaksanaan ujian terbagi dua:

  1. Selasa, 16 Mei 2017: ujian tertulis untuk PBT dan CBT
  2. Rabu dan/atau Kamis, 17 atau 18 Mei 2017: ujian keterampilan

Ujian ketetampilan ini dikhususkan untuk calon mahasiswa yang memilih program studi keolahragaan dan seni.

 

  1. Seleksi Jalur Prestasi

Jalur masuk ini menyaring calon mahasiswanya berdasarkan prestasi akademik dan non-akademik yang berkaitan dengan program studi yang dipilih. Calon mahasiswa dapat memilih 2 program studi yang diinginkan pada program sarjana. Ada 4 jenis jalur prestasi yang disediakan:

  1. Penelusuran Bibit Unggul Kemitraan (PBUK)
  2. Penelusuran Bakat Olahraga dan Seni (PBOS)
  3. Penelusuran Bibit Unggul Berprestasi (PBUB)
  4. Penelusuran Bibit Unggul Tidak Mampu (PBUTM)

 

  1. Seleksi Ujian Tulis

Jalur masuk ini dikenal juga dengan UTUL (Ujian Tulis) UGM. Mirip seperti SIMAK UI, jalur ini menyeleksi calon mahasiswanya berdasarkan ujian tertulis. Bukan hanya lulusan SMA/SMK/MA/MAK 2017, lulusan 2 tahunnya (2016 dan 2015) juga dapat ikut ujian ini untuk kuliah program sarjana dan atau diploma.

 

  1. Seleksi Program Internasional (International Undergraduate Program)

Jalur masuk ini diperuntukkan calon mahasiswa yang ingin kuliah program internasional di UGM. Beberapa program studi yang terdapat pada program internasional ini.

  1. Manajemen
  2. Akuntansi
  3. Ilmu Ekonomi
  4. Ilmu Hukum
  5. Pendidikan Dokter
  6. Ilmu Komputer
  7. Ilmu Kimia
  8. Hubungan Internasional
  9. Manajemen Kebijakan Publik

 

Dari kelima jalur masuk ini, kamu bisa mengikuti beberapa di antaranya dan disesuaikan dengan kemampuanmu. Pastikan jadwal pelaksanaannya tidak bentrok agar kamu bisa fokus pada setiap ujiannya. Jika gagal satu jalur masuk, coba lagi jalur masuk lainnya.

 

  • Kenali dan Pilih Program Studinya

Ada banyak program studi yang dapat dipilih olehmu di UGM. Sebelum memilih, kenali terlebih dahulu program studinya. Apakah sesuai kemampuan dan keinginanmu? Jika ya, bulatkan tekad untuk dapat kuliah pada program studi itu.

 

  • Berdoa

Usaha yang satu ini tidak bisa terlewatkan. Kamu bisa berdoa sebelum, saat, dan sesudah ujian karena doa ini bisa jadi kekuatan yang tidak disangka-sangka.

 

  • Belajar dengan Tepat

Ini poin paling penting. Belajar dengan tepat dapat membantumu untuk masuk UGM. Bagaimana cara belajar dengan tepat? Pelajari buku SBMPTN, misalnya. Pilih buku SBMPTN yang berisi:

  1. Paket soal try out TKPA SBMPTN plus pembahasannya
  2. Paket soal prediksi TKPA SBMPTN plus pembahasannya
  3. Paket soal try out TKD SBMPTN plus pembahasannya
  4. Paket soal prediksi TKD SBMPTN plus pembahasannya
  5. Software CBT SBMPTN plus pembahasannya untuk berlatih mengerjakan dengan CBT

 

Buku yang isinya lengkap seperti itu dapat dimiliki jika kamu memilih buku Sikat Habis Semua Soal SBMPTN Saintek 2017 atau Sikat Habis Semua Soal SBMPTN Soshum 2017. Selain isinya lengkap, kedua buku itu juga disertai bonus yang menunjangmu untuk belajar SBMPTN.

  1. Satu Paket Software CBT SBMPTN + Pembahasan
  2. Software CBT UN SMA 2017
  3. Software TOEFL Cmedia
  4. Passing Grade PTN Saintek terbaru
  5. FREE Try Out Online di www.rajatryout.com
  6. FREE Apps Android “Try Out SBMPTN CMedia”
  7. FREE Apps Android “TOEFL CMedia”
  8. FREE Apps Android “Try Out CBT UN SMA CMedia”
  9. BONUS Beasiswa Rp100 Juta
  10. Aplikasi Sistem Periodik Kimia
  11. Ebook TOEFL Masuk PTN
  12. Ebook Ejaan Bahasa Indonesia Terbaru

 

Dengan memiliki buku Sikat Habis Semua Soal SBMPTN Saintek 2017 atau Sikat Habis Semua Soal SBMPTN Soshum 2017 ini, masuk UGM menjadi tidak susah apalagi kamu menjalankan trik lainnya yang sudah dibahas.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.