Panduan Bermain Gitar

BukuPintarMjdMaestroGitarApakah Anda suka bermain gitar? Jika iya, berarti Anda sangat beruntung menemukan artikel ini. Pasalnya, kami akan menawarkan sebuah teknik bermain gitar, baik untuk pemula, menengah, maupun tingkat mahir. Beberapa tahapan diberikan agar setiap jenjang bisa memahami gitar dengan sempurna, baik untuk gitar elektrik maupun gitar akustik.

Gitar sebagai alat musik yang paling populer dan diminati banyak orang memiliki komposisi nada yang sangat kaya. Melalui kemahiran memetik dan menekan titik senar, Anda bisa menciptakan harmoni nada yang beragam, dari nada terendah hingga tertinggi dalam setiap komposisi lagu. Melalui gitar ini pula, para musisi dan pencipta lagu membuat aransemen dalam sebuah lagu yang akan dihasilkan yang kemudian dikolaborasikan kembali dengan alat-alat musik lainnya.

Pada setiap gitar, lazimnya memiliki enam senar dan memiliki nama notasi. Pada setiap panjang pendeknya rangkaian notasi dari sebuah bunyi gitar dinamakan ritem. Ritem memiliki jarak yang beraturan seperti 4/4, 3/4, dan 2/4. Kombinasi berbagai ritem dari beberapa jenis irama dalam suatu rangkaian lagu akan menghasilkan pola-pola nada, seperti blues, pop, rock, dangdut, swing, rumba, dan chacha.

Demikian seterusnya, banyak hal tentang dunia gitar ini. Bagaimana cara memainkannya? Tentunya Anda harus mengetahui letak-letak kuncinya pada setiap titik senar melalui sebuah gambar. Dari gambar ini Anda bisa menirunya dan mulai belajar bermain gitar.

Untuk itu, Anda bisa menemukannya secara lengkap di dalam Buku Pintar Menjadi Maestro Gitar terbitan C-Media. Buku ini merupakan buku panduan bermain gitar untuk berbagai tingkatan dalam permainan gitar, mulai dari pengenalan alat dan fungsinya, memainkan dasar rhytem, memainkan akor dasar dalam berbagai posisi, memainkan pergerakan akor dominant di dalam permainan musik, serta dilengkapi teori dasar bermain melodi improvisasi.

Selain itu, buku yang disusun oleh Hendro SD ini juga mengupas habis jenis rhytem berbagai genre musik dan akor gitar, seperti pembentukan akor, fungsi akor, jembatan akor, akor terdekat, teknik pengembangan akor, teknik paralel, descending, ascending, komposisi akor, one not in chord, dan masih banyak lagi.

Tidak ketinggalan, buku ini dilengkapi pula dengan teknik permainan melodi improvisasi di dalam putaran akor dasar dan dominan yang dimainkan untuk irama pop, rock, rock and roll, dangdut, keroncong, pop jazz, blues, bosanova, jazz rock, fusion, swing, foxrot, samba, petunjuk memainkannya sangat mudah, Anda hanya perlu mengikuti nomor urut angka yang tertera di dalam fret (kotak) batang gitar.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.