Info Penting Sebelum Mengikuti Seleksi CPNS 2017!

Pengumuman pembukaan seleksi CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) sedang hangat dibicarakan beberapa waktu belakangan. Tidak sedikit yang menantikan pengumuman ini. Pasalnya, seleksi CPNS ditiadakan selama beberapa tahun terakhir. Baru pertengahan tahun 2017, pemerintah mengumumkan pembukaan seleksi CPNS secara resmi. Pada tahun sebelumnya, terdengar kabar pembukaan seleksi CPNS, namun nyatakan bukan berita resmi.

 

Seleksi CPNS sendiri merupakan salah satu tahapan dari proses pengadaan CPNS. Hal ini sebagaimana Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS. Dalam peraturan tersebut, dijelaskan ada 7 tahapan untuk proses pengadaan CPNS. Ketujuh tahapan tersebut terdiri dari (1) perencanaan, (2) pengumuman lowongan, (3) pelamaran, (4) seleksi, (5) pengumuman hasil seleksi, (6) pengangkatan CPNS dan masa percobaan CPNS, dan (7) pengangkatan menjadi PNS (http://www.bkn.go.id).

Untuk pelamaran atau pendaftaran, dilakukan secara online selama 1 bulan (1—31 Agustus 2017) di laman sscn.bkn.go.id. Laman tersebut diurus oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN) selaku lembaga pemerintah yang mengurusi proses seleksi CPNS. Meskipun demikian, laman pendaftaran tersebut terintegrasi dengan lembaga pemerintah yang melakukan pembukaan seleksi CPNS.

Metode CAT (Computer Assisted Test)

Setelah pendaftaran, proses selanjutnya adalah seleksi. Setiap lembaga pemerintah yang melakukan pembukaan seleksi CPNS memiliki seleksi yang berbeda, hanya sama pada tahapan Tes Kemampuan Dasar (TKD). TKD diujikan secara online dengan metode CAT (Computer Assisted Test).

 

Metode CAT (Computer Assisted Test) merupakan cara mengerjakan tes dengan menggunakan software tertentu di komputer. Peserta seleksi CPNS mengerjakan soal-soal secara langsung di komputer, tidak perlu mengisi lembar jawaban di kertas dengan menggunakan pensil seperti dulu. Semua soal tersedia di komputer. Bagaimana cara menjawabnya? Peserta seleksi CPNS jawaban hanya perlu mengklik pada pilihan jawaban. Untuk mengetahui lebih lanjut dan mempraktikkannya, metode CAT ini terdapat pada buku-buku Penerbit CMedia, seperti buku All-New Diktat Psikotes Edisi Superlengkap.

 

Jika proses seleksi sudah dilakukan, selanjutnya pengumuman hasil seleksi. Biasanya, pengumuman ini tidak langsung. Ada jeda waktu dari proses seleksi berakhir sampai pengumuman. Cepat atau lambat tergantung lembaga pemerintahannya. Setelah pengumuman hasil seleksi, ada berkas yang harus dilengkapi sebelum pengangkatan CPNS dan masa percobaan CPNS. Masa pengangkatan CPNS dan masa percobaan CPNS ini bisa terbilang lama hingga akhirnya diangkat menjadi PNS. Meskipun begitu, semua dapat dinikmati dan disyukuri.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.