4 Tip Beradaptasi di Sekolah yang Baru

Sekolah yang baru menjadi menarik untuk dijalani. Kamu ditantang untuk beradaptasi dengan teman, guru, dan lingkungan sekolah yang baru. Jika baru masuk SMP, kamu akan melihat dan merasakan jenjang pendidikan ini berbeda dengan sekolah dasar yang pernah dilalui olehmu selama 6 tahun. Akan ada sesuatu atau bahkan banyak pengalaman baru yang didapatkan. Dunia remaja awal juga sudah mulai dijalani olehmu. Ini tentu berbeda dengan sekolah dasar ketika dirimu masih dianggap anak-anak. Jika baru masuk SMA, kamu akan melihat dan merasakan dunia yang lebih dari sekadar remaja. Saat SMA, kamu mulai memasuki tahap remaja menuju dewasa. Pergaulannya tentu berbeda. Demikian juga, pendidikan yang diterima olehmu. Kamu ditantang untuk jauh lebih serius. Bukan hanya senang-senang saja yang dipikirkan karena kamu akan mulai memikirkan masa depanmu, seperti mau jadi apa nantinya dan mau ambil kelas jurusan IA (Ilmu Alam), IS (Ilmu Sosia), atau Bahasa.

Tip Beradaptasi di Sekolah

Berikut ini empat tip beradaptasi di sekolah yang baru.

  1. Kenali aturan dan kebiasaan sekolah yang baru

Setiap sekolah memiliki aturan dan kebiasaan yang sangat mungkin berbeda dengan sekolah lainnya apalagi jika jenjang pendidikannya berbeda, misalnya SD ke SMP dan SMP ke SMA. Jadi, penting untuk mengenali aturan dan kebiasaannya. Jangan sampai kamu diberi teguran apalagi sanksi karena melanggar aturan. Nah, kamu masih ada kesempatan untuk ini selagi baru masuk sekolah.

Bagaimana caranya? Kamu bisa membaca di website atau buku panduan. Bertanya kepada senior juga bisa jadi pilihan. Jika belum ada kenalan senior, kamu bisa bertanya ke teman yang lebih tahu. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengenali aturan dan kebiasaan sekolah yang baru.

  1. Menjaga sikap dan penampilan

Sekolah yang baru berarti lingkungan yang baru juga. Kita tidak tahu setiap orang di lingkungan tersebut. Ada baiknya sikap dan penampilan dijaga. Salah satu contoh menjaga sikap adalah berkata sopan dan santun. Begitu juga dengan penampilan. Tidak perlu berpenampilan terlalu mencolok atau menarik perhatian lebih. Ikuti aturan bisa menjadi patokan dalam berpenampilan. Kamu tentu tidak ingin menjadi bahan pembicaraan karena penampilan yang mencolok atau menyalahi aturan, kan?

  1. Jadi diri sendiri

Meskipun menjaga sikap, kamu tetap harus menjadi diri sendiri. Menjadi diri sendiri akan membuatmu nyaman. Tidak perlu berlebihan, tetap pada batasan saja.

  1. Berpikir positif

Baik atau buruk itu bisa disituasikan. Maksudnya? Jika berpikir positif, kita bisa melihat sesuatu yang baik meskipun sangat buruk keadaannya.

Sekolah yang baru pasti memiliki keadaan yang tidak semuanya sesuai keinginan atau gambaran kita. Sangat mungkin ada yang tidak disukai. Dengan berpikir positif, kita bisa melihat sesuatu yang tidak disukai itu menjadi sesuatu yang baik. Misalnya, kamu tidak suka dengan teman sekelas. Jika berpikir positif, kamu bisa melihat tidak semua teman sekelasmu itu buruk. Pasti ada teman yang baik atau ada kebaikan pada teman sekelasmu. Jika berpikir negatif terus-menerus, kamu tidak dapat menangkap kebaikan yang ada pada teman sekelasmu. Intinya, berpikir postif maka syukur itu akan hadir. Begitu syukur itu hadir, kamu akan menemukan nikmat dan asyiknya sekolah di sana.

Itulah 4 tip beradaptasi di sekolah yang baru. Kamu bisa mencoba keempat tip ini. Masih banyak waktu untukmu beradaptasi.

Selamat menikmati sekolahmu yang baru!

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.