Galau Menentukan Jurusan Kuliah? Tentukan dengan Cermat!

Dapat menempuh pendidikan lanjutan di perguruan tinggi negeri dan jurusan yang tepat adalah dambaan setiap orang. Namun, banyak orang yang bimbang dalam menentukan jurusan yang akan dipilihnya, padahal jurusan yang kamu pilih harus sejalan dengan tujuan yang ingin kamu capai.

Banyak faktor yang dapat kamu pertimbangkan dalam menentukan jurusan agar kelak setelah masuk kuliah tidak merasa “terjebak” dengan jurusan yang salah. Jika salah masuk jurusan, kamu akan merasa terbebani dan proses yang kamu jalani akan terasa sangan lama atau bahkan kamu akan menyerah di tengah jalan. Eiittsss, tetapi kamu tidak perlu bingugn, baca tip dan trik berikut ini untuk dapat menentukan pilihan jurusan yang tepat untuk dirimu.

  1. Pilih Jurusan yang Kamu Sukai dan Minati

Jika kamu kuliah di jurusan yang kamu sukai dan minati maka akan terasa lebih mudah karena kamu akan menjalani hal yang kamu sukai setiap harinya tanpa beban. Berbeda jika kamu kuliah di jurusan yang tidak disukai dan terpaksa, kamu kan merasa hari-hari dalam kuliah terasa sangat lama dan membosankan.

 

  1. Memilih Jurusan yang Memiliki Peluang Kerja Besar

Jurusan yang memiliki peluang kerja adalah salah satu yang harus dipertimbangkan. Hal tersebut karena tujuan kamu kuliah selain mendapatkan ilmu adalah mendapatkan pekerjaan yang layak bagi masa depanmu kelak.

 

  1. Menentukan Kelebihan dan Kekurangan dari Beberapa Pilihan Jurusan

Tentu kamu pasti memiliki beberapa pilihan jurusan. Dengan banyak pilihan tersebut wajar jika kamu mengalami kebingungan dalam memilih jurusan yang tepat untukmu. Menentukan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jurusan tersebut dan menggali passionmu serta memilih dengan hati adalah hal yang tepat. Setelah hal menentukan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jurusan kamu dapat menimbang mana jurusan yang terbaik untuk dirimu.

 

  1. Jangan Mengikuti Pilihan Orang Lain

Mungkin sebagian dari kamu lebih suka mengikuti pilihan orang lain dengan dalih “supaya bisa bareng” hal tersebut harus dihindari. Hal itu hanya akan membuat dirimu rugi karena minat dan bakat kamu belum tentu sama dengan teman yang kamu ikuti. Ikuti kata hatimu sendiri jangan sampai kamu tercebur ke dunia yang tidak kamu sukai hanya karena mengikuti teman atau orang lain.

 

Selain memilih jurusan dan PTN apa yang ingin kamu pilih, hal yang tidak kalah pentingnya adalah belajar dengan sungguh-sunguh agar lolos dalam UTBK SBMPTN tahun 2019 ini. Buku Mega Bank SBMPTN SOSHUM 2019 dan Mega Bank SBMPTN SAINTEK 2019 dapat menjadi teman belajar dan solusi terbaik untu meraih jurusan dan PTN impianmu. Belajar dengan buku maka kamu akan mendapatkan 6 paket soal asli SBMPTN tahun-tahun sebelumnya dan juga pembahasannya. 7 paket tryout + 8 paket prediksi lengkap dengan pembahasan. Informasi terkini SBMPTN 2019, statistik soal, strategi untuk lolos UTBK serta panduan memilih jurusan yang benar. Tidak ketinggalan berbagai bonus juga akan kamu dapatkan yaitu CD software UTBK SBMPTN, Ebook TOEFL, Free tryout online, dan berbagai macam applikasi android untuk menambah persiapanmu menuju PTN dan jurusan impianmu. Persiapkan semuanya dengan baik dan semaksimal yang kamu bisa yaaa agar kelak kamu merasa puas dengan hasil yang kamu capai. Salam semangat!

 

Foto: shutterstock.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.