Baca di sini Informasi USBN dan UNBK 2019!

Untuk kamu para siswa SMP dan SMA yang duduk pada tingkat akhir pasti ada hal yang ditunggu-tunggu. Ya tentu saja USBN dan UNBK yang tidak terasa sebentar lagi akan dimulai. USBN dan UNBK merupakan tahapan ujian yang harus kamu laksanakan untuk dapat lulus untuk melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi lagi. USBN adalah Ujian Sekolah Berstandar Nasional adalah ujian yang diselenggarakan oleh setiap sekolah yang akan menentukan kelulusan para siswa nya. Lain halnya dengan UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) yang sudah sejak beberapa tahun ini tidak dijadikan standar kelulusan 100% namun tetap memiliki sumbangsih dalam penentuan kelulusan para siswa, jadi kedua ujian tersebut harus dilakukan dengan sebaik-baiknya. Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini terdapat informasi yang membahas mengenai USBN dan UNBK 2019.

  1. Soal Ujian

Terkait dengan soal ujian, untuk USBN terdapat soal pilihan ganda dan soal uraian yang akan dibuat oleh pihak sekolah sebanyak 80% dan 20% akan dibuat oleh pusat. Lain halnya dengan soal UNBK yang 100% dibuat oleh pusat (Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud RI). Untuk soal UNBK SMA terdiri dari pilihan ganda 90% dan isian singkat pada mata pelajaran matematika sebanyak 10% dari total soal. Begitupun untuk soal UNBK SMP berbentuk pilihan ganda dan isian singkat.

  1. Pengadaan Soal HOTS ( Higher Order Thinking Skill)

Berpacu dengan pelaksaan UNBK tahun 2018 kemarin, soal HOTS atau soal yang berorientasi pada penilaian tingkat tinggi akan kembali diterapkan pada UNBK 2019. Hal ini bertujuan untuk mengembangkan daya nalar para siswa. Jumlah presentasi soal HOTS pada masing-masing pelajaran adalah 15-20% dari jumlah soal per mata pelajaran yang diujikan.

  1. Media Ujian

Pada Ujian Nasional tahun ini mengutamakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP) dilakukan hanya untuk kasus tertentu saja yang jika tidak memungkinkan menggunakan komputer.

  1. Penilaian USBN dan UNBK

Nilai hasil UN dilaporkan dalam rentang nilai 0 sampai dengan 100 dengan tingkat pencapaian kompetensi lulusan dalam kategori sebagai berikut.

  1. Sangat baik (85 < nilai < 100)
  2. Baik (70 < nilai 85)
  3. Cukup (55 < nilai 70)
  4. Kurang (0 < nilai 55)

Untuk penilaian USBN sebagai berikut.

  1. Nilai USBN merupakan gabungan nilai soal pilihan ganda dan nilai soal uraian, dengan rentang nilai 0 – 100.
  2. Sekolah menentukan pembobotan nilai pilihan ganda dan uraian dengan perbandingan yang proporsional.

 

  1. Jadwal Pelaksanaan USBN dan UNBK 2019

Penentuan jadwal pelaksanaan USBN untuk tingkat SMP dan SMA akan ditentukan oleh dinas pendidikan setempat. Sedangkan jadwal UNBK akan dilaksanakan serempak di setiap provinsi di Indonesia. Untuk tingkat SMP, UNBK akan dilaksanakan pada tanggal 22- 25 April 2019. UNBK tingkat SMA akan dilaksanakan pada 1, 2, 4, dan 8 April 2019.

Sebagai peserta USBN dan UNBK tahun 2019 kamu harus memerhatikan setiap ketentuan-ketentuan di atas agar kamu dapat menyiapkan strategi dalam menghadapinya USBN dan UNBK dengan baik, tidak lupa untuk selalu berdoa dan terus belajar yaa!

 

Foto: shutterstock.com

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.