Beasiswa Kuliah Dalam Negeri Untuk Mahasiswa S1 dan Tamatan SMA

Untuk kamu yang sekarang baru duduk di bangku kuliah atau kamu yang baru akan lulus dari bangku SMA sangat penting untuk mencari informasi terkait beasiswa untuk kuliahmu. Mendapatkan beasiswa selain dapat membuat dirimu dan orang tuamu bangga juga dapat meringankan kamu dan orang tuamu dari belenggu biaya kuliah yang semakin mahal serta mendapatkan fasilitas untuk pengembangan dirimu. Nah, berikut ini beberapa beasiswa yang setiap tahun rutin dibuka.

Beasiswa Bidikmisi

Penyelenggara beasiswa Bidikmisi adalah seluruh perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta terpilih di bawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi sebagai pengelola pusat. Untuk mendapatkan beasiswa ini, salah satu syarat yang harus dipenuhi yaitu calon pendaftar termasuk kriteria tidak mampu secara ekonomi, merupakan penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM)/pemegang Kartu Indonesia Pintar (KIP) atau sejenisnya, atau pendapatan kotor gabungan orangtua maksimal sebesar Rp3 juta per bulan. Beasiswa ini biasanya dibuka di awal tahun untuk siswa/i SMA yang akan lulus untuk melanjutkan pendidikannya ke bangku kuliah. Penerima beasiswsa akan mendapatkan biaya pendidikan, uang saku bulanan, dan mendapat pelatihan softskill melalui seminar-seminar kepelatihan.

Beasiswa PPA dan BPP-PPA

Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (BeasiswaPPA) yang ditujukan bagi mahasiswa yang berprestasi dan Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BBPPPA) yang ditujukan untuk mahasiswa yang memiliki prestasi akademik tetapi kekurangan dari segi ekonomi. Beasiswa ini diberikan oleh Dikti untuk mahasiswa yang sedang berkuliah minimal duduk pada semester II dengan jadwal pendaftar tergantung pada masing-masing universitas. Penerima beasiswa akan mendapat dana bantuan pendidikan selama periode tahun anggaran berjalan atau selama 1 tahun (2 semester).

Beasiswa Tanoto Foundation

Tanoto Foundation memberikan beasiswa Tanoto Foundation, Program National Champion Scholarship,  kepada 275 mahasiswa (250 mahasiswa Program Sarjana Strata 1 atau S1,  dan 25 mahasiswa Program Sarjana Strata 2 atau S2) dari berbagai disiplin ilmu yang dapat diapply mulai dari tahun pertama duduk di Perguruan Tinggi. Penerima beasiswa akan mendapatkan tunjangan biaya kuliah, tunjangan biaya hidup, program pelatihan kepemimpinan dan pengembangan soft skill, program pengabdian masyarakat, program pengembangan jejaring, program konseling, program magang di perusahaan yang tergabung dalam grup Royal Golden Eagle (RGE), Kesempatan untuk ikut seleksi beasiswa ikatan dinas Tanoto Foundation. Biasanya beasiswa ini dibuka di awal tahun, Januari – Maret.

Beasiswa S1 Djarum

Djarum Foundation turut berperan aktif dalam memajukan pendidikan di Indonesia melalui program Djarum Beasiswa Plus bagi mahasiswa berprestasi tinggi di Indonesia. Beasiswa ini ditujukan untuk mahasiswa S1 yang sedang duduk di semester IV. Penerima beasiswa akan mendapatkan dana beasiswa selama 1 tahun, mendapatkan pelatihan melalui program Nation Building, Character Building, Leadership Development, Competition Challenges, serta International Exposure. Tidak hanya berhenti sampai di sini, melalui program Community Empowerment. Beasiswa ini biasanya dibuka mulai bulan April – Mei.

Beasiswa Etos

Beasiswa etos dari Dompet Dhuafa menyediakan bantuan studi bagi mereka yang diterima menjadi mahasiswa di sejumlah PTN baik melalui jalur SNMPTN dan SBMPTN. Fasilitas program yang akan didapatkan meliputi asrama untuk tahun pertama dan kedua kuliah, capacity building, uang saku, biaya pendidikan (kuota terbatas), serta biaya support prestasi. Pendaftaran beasiswa ini dibuka dengan sistem 2 gelombang, yaitu untuk jalur SNMPTN dan jalur SBMPTN sekitar bulan Mei – Juni.

Itulah info beberapa beasiswa yang rutin dibuka setiap tahunnya, di luar sana masih banyak sekali beasiswa-beasiswa yang bertebaran dan siap untuk kamu raih namun tentu saja dengan persiapan yang matang. Ingat keberuntungan bukan terjadi begitu saja, keberuntungan terjadi jika kesempatan bertemu dengan kesiapan. Selamat berjuang.

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.