Bagaimana Soal TPS SBMPTN 2019? Cari tahu di Sini!

Tes SBMPTN adalah tes yang dilakukan oleh calon mahasiswa baru yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Soal yang diujikan dalam SBMPTN 2019 ini adalah Tes Kompetensi Akademik (TKA) dan Tes Potensial Skolastik (TPS). Sebagian dari kamu mungkin bertanya-tanya apa perbedaan dari TKA dan TPS, dari segi mata pelajaran untuk soal yang diujikan tentu berbeda. Tes Kompetensi Akademik (TKA) mengujikan soal-soal saintek dan soshum. Untuk Tes Potensial Skolastik (TPS) tahun 2019 berbeda dengan tes SBMPTN sebelumnya, tahun sebelumnya tes ini dikenal dengan nama TPA. Untuk materi yang diujikan pada TPS ini yaitu penalaran umum, pemahaman bacaan dan menulis, pengetahuan umm, pengetahuan kuantitatif. Jika kamu ingin tahu bagaimana contoh soal TPS, di bawah ini terdapat salah satu contoh soal yang dapat kamu lihat.

Manakah di antara bangun ruang berikut yang memiliki lebih dari 6 sisi?

  • Prisma segitiga
  • Limas segi empat
  • Kubus
  • Prisma segi lima

Di atas adalah contoh soal TPS matematika dasar, untuk kamu yang belum mengikuti SBMPTN tahun ini pasti asing dengan soal-soalnya. Oleh karena itu, kamu tidak perlu khawatir dalam menghadapi soal SBMPTN. Di bawah ini terdapat tips dan trik mengerjakan soal SBMPTN.

  1. Menggunakan Metode Membaca dan Memindai

Pada soal Bahasa Indonesia, kamu akan disajikan teks bacaan yang lumayan panjang. Namun, jika kamu membaca keseluruhan teks, itu akan membuang-buang waktu saja. Kamu disarankan untuk membaca pertanyaan terlebih dahulu. Jika kamu sudah tau apa yang ditanyakan, maka kamu perlu membaca paragraf yang dibersangkutan.

  1. Mengerjakan Soal yang Mudah Terlebih Dahulu

Waktu yang disediakan panitia hanya berkisar 20 menit untuk 20 soal. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk menegerjakan soal yang mudah terlebih dahulu.

  1. Banyak Berlatih Soal

Banyak berlatih soal penting dilakukan agar kamu terbiasa saat mengerjakannya dan dapat menyelesaikan dengan tepat waktu.

 

 

Foto: shutterstock.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.