Alasan Pentingnya Nilai UNBK SMA 2019 Meski Tidak Dipakai Untuk Mendaftar PTN

Ujian Nasional Berbasis Komputer atau UNBK setiap tahun selalu rutin dilakukan. Tujuan dari pelaksanaan UNBK ini adalah bukan untuk kelulusan atau mendaftar Perguruan Tinggi Negeri, tetapi hanya untuk mengukur pencapaian kompetensi lulusan pada mata pelajaran tertentu secara nasional dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Tetapi bukan berarti kamu asal-asalan dalam mengerjakan UNBK karena berpikir tidak akan berguna. Padahal nilai UNBK SMA berperan penting loh saat kamu hendak melanjutkan pendidikan. Di bawah ini terdapat alasan penting mengapa kamu harus meraih nilai terbaik saat UNBK.

 

  1. Mendaftar Sekolah Kedinasan

Syarat untuk mendaftar sekolah kedinasan adalah rata-rata nilai UNBK minimal 70. Jika kamu ingin mendaftar sekolah kedinasan, kamu harus mencapai nilai tersebut. Oleh karena itu, kamu tidak boleh menganggap remeh ujian nasional.

 

  1. Mendaftar Kuliah di Luar Negeri

Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri, nilai ujian nasional tetap akan menjadi pertimbangan apakah kamu dapat lulus dalam seleksi perguruan tinggi di luar negeri.

 

  1. Syarat Beasiswa

Mendapatkan beasiswa bukanlah hal yang mudah. Banyak orang yang bersaing ketat dalam memperebutkan beasiswa. Nilai UNBK adalah salah satu hal yang harus dipertimbangkan dalam seleksi penerimaan beasiswa, jika nilai UNBK kamu bagus maka dapat dijadikan modal untuk mendaftar beasiswa.

 

  1. Mendaftar Perguruan Tinggi Swasta

Jika kamu berpikir bahwa mendaftar perguruan tinggi swasta hanya sekadar membutuhkan biaya saja, hal itu tidak benar. Beberapa perguruan tinggi swasta menerapkan persyaratan melampirkan nilai UNBK. Nilai UNBK berperan dalam proses seleksi berlangsung. Semakin bagus  semakin bagus hasil UNBK kamu maka semakin besar pula kesempatan untuk lolos seleksi perguruan tinggi tersebut.

 

  1. Mengukur Kemampuan Akademis

Tujuan dilaksanakan UNBK adalah untuk mengukur pencapaian akademis. Jika kamu mengerjakannya secara asal-asalan maka tujuan tersebut tidak akan terlaksana dan sia-sia saja UNBK dilaksanakan. Cerminan hasil nilai UNBK adalah menggambarkan kemampuan kamu selama belajar dan menunjukan kemajuan pendidikan di Indonesia.

 

master kisi-kisi UN USBN IPS 2020Oleh sebab itu, kamu jangan sampai mengabaikan Ujian Nasional yaa! Tetap persiapkan dirimu sebaik mungkin untuk hasil yang maskimal di Ujian Nasional. Belajar dengan buku yang tepat untuk hasil yang terbaik. Buku Buku Master Kisi-Kisi UN & USBN SMA/MA IPA 2020 dan Master Kisi-Kisi UN & USBN SMA/MA IPS 2020 hadir sebagai solusi cerdas bagimu agar sukses dalam UN dan USBN. Kamu akan mendapatkan informasi terkini tentang UN dan USBN, ringkasan materi superlengkap yang disusun berdasarkan kisi-kisi terbaru dari BSNP, ribuan contoh soal dan pembahasan termasuk soal-soal HOTS, 2 paket prediksi jitu UN lengkap dengan pembahasan. Tidak ketinggalan kamu juga akan mendapatkan 1 paket prediksi jitu USBN yang juga dilengkapi dengan pembahasan. Sebagai bonus, buku ini juga akan memberikan bonus CD berisi beragam software dan aplikasi android UNBK serta kumpulan e-book yang bermanfaat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *