Tip Memilih Jurusan di Perguruan Tinggi

exam6Jangan dikira memilih jurusan kuliah itu gampang! Salah memilih jurusan bisa berakibat fatal untuk masa depanmu. Tak dipungkiri, selama ini banyak siswa SMA yang belum tahu akan memilih jurusan apa saat ia lulus. Bahkan ada sebagian yang mengikuti jejak teman-temannya agar selalu bisa bersama-sama.

 

 

exam5

Sumber gambar: www.flickr.com/photos/comedynose/3571102858 

Jangan dikira memilih jurusan kuliah itu gampang! Salah memilih jurusan bisa berakibat fatal untuk masa depanmu. Tak dipungkiri, selama ini banyak siswa SMA yang belum tahu akan memilih jurusan apa saat ia lulus. Bahkan ada sebagian yang mengikuti jejak teman-temannya agar selalu bisa bersama-sama.

Namun, pilihan jurusan yang tidak sesuai dengan kemampuan bisa mengakibatkan banyak hal negatif bagi siswa tersebut. Mulai dari mendapatkan nilai yang tidak memuaskan hingga drop out atau DO.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa mulai memikirkan jurusan apa yang akan kamu pilih selepas SMA dari sekarang. Agar lebih mudah, berikut terdapat beberapa tip memilih jurusan yang bisa kamu lakukan.

1. Menyesuaikan cita-cita, minat, dan bakat
Bagi kamu yang sudah memiliki cita-cita tertentu, maka lihatlah jurusan apa yang dapat membawamu menuju profesi tersebut. Sesuaikan jurusan yang ingin diambil dengan minat dan bakat. Sesuaikan pula Universitas/PTN yang akan kamu pilih. Di Indonesia banyak Universita/PTN dengan nilai akreditasi bagus, lho.

2. Informasi yang sempurna
Carilah informasi yang banyak sebagai bahan pertimbanganmu untuk memilih jurusan. Cari dan gali informasi dari banyak sumber. Jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang menguasai informasi atay ikut-ikutan teman. Internet juga merupakan media yang tepat dan bebas untuk bertanya kepada orang-orang di dalamnya tentang apa yang ingin kamu ketahui.

3. Lokasi dan biaya
Memilih jurusan di PTN saat SBMPTN/SNMPTN mempunyai banyak pertimbangan, salah satunya lokasi dan biaya. Jika dana yang ada terbatas maka pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau lokasi luar kota yang memiliki biaya hidup rendah. Namun, jika dana yang ada masih belum mencukupi, carilah beasiswa, keringanan, pekerjaan paruh waktu atau sponsor untuk mencukupi kebutuhan danamu. Terpenting, jangan juga jadikan uang sebagai faktor penghambat masa depanmu.

4. Daya tampung jurusan/peluang diterima
Perhatikan daya tampung suatu jurusan di PTN dan PTS favorit. Jangan bebani dirimu dengan target untuk berkuliah di tempat tertentu dengan jurusan tertentu yang favorit. Ukur kemampuan dengan cara mengikuti ujian try out dan terus berlatih untuk melihat sejauh mana peluangmu untuk dapat menempati suatu jurusan di tempat favorit.

5. Masa depan karir dan pekerjaan
Lihatlah ke depan setelah kamu lulus. Apakah jurusan yang kamu ambil nanti dapat mengantarmu pada pekerjaan dan karir yang baik dan sesuai dengan keinginan. Biarkan hati dan akal sehatmu bicara tanpa adanya campur tangan dari orang lain. Konsultasikan pemilihan jurusan ini dengan orangtua dan orang lain yang kamu percaya.


sbmptn

Tip memilih jurusan kuliah di atas selengkapnya bisa kamu baca dalam buku 99% Lolos SBMPTN Saintek 2015 dan 99% Lolos SBMPTN Soshum 2015 yang disusun oleh Tim Presiden Eduka. Kedua buku ini membahas secara lengkap mengenai SBMPTN Saintek dan Soshum.

beli

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.