Tip dan Trik Lolos SPMB PKN STAN

Sebelum menyimak tip dan trik mengerjakan soal Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (SPMB PKN STAN), jika kamu bertekad untuk bisa tembus SPMB PKN STAN maka kamu wajib mencari informasi mulai dari prasyarat detail hingga tata cara pendaftaranya. Simak di sini untuk mengetahuinya. PKN STAN, terdiri dari empat (4) jurusan, yaitu jurusan akuntansi, jurusan pajak, jurusan kepabeanan dan cukai, dan jurusan manajemen keuangan. Nah, jika kamu ingin menjadi salah satu mahasiswa/i PKN STAN yuuuk siapkan diri kamu dan simak tip dan trik di bawah ini untuk menambah persiapanmu.

  1. Kenali Peta Soal SPMB PKN STAN

Pada SPBM PKN STAN ini secara umum ujian tertulisnya terbagi menjadi Tes Potensi Akademik (TPA), Tes Bahasa Inggris (TBI), Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) yang terdiri dari Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Terakhir adalah Tes Kesehatan dan Kebugaran. Semua jenis tes ini memiliki nilai ambang batas minimum yang harus kamu peroleh sehingga harus kamu ketahui dengan baik dan harus kamu lampaui. Dengan mengenali peta soal, kamu bisa mulai mengukur kelemahan dan keunggulan mu terletak pada bagian mana, setelah itu bisa menjadi bahan evaluasi dan berlatih agar bisa mengoptimalkan kemampuan diri.

  1. Membuat Timeline dan Durasi Belajar

Buatlah jadwal belajar yang pasti, kapan kamu harus belajar TPA, TBI, dan SKD hal ini dilakukan agar kamu memiliki timeline yang jelas mulai kapan dan sampai kapan kamu harus mengusai materi dari salah satu jenis tes tersebut dan melatih sikap disiplin belajar kamu sendiri. Tentukan waktu latihan soal dalam 45-60 menit, dalam posisi duduk. Lakukan kebiasaan ini minimal tiga bulan, sehari 60 – 120 menit dengan jeda istirahat untuk membuang bosan dan penatmu. Kemudian Belajar menjawab soal-soal berdasarkan durasi waktu yang ditentukan. Hal ini sebagai bentuk latihan disiplin dan kecepatan dalam mengerjakan dan menjawab soal-soal ujian yang sesungguhnya. Misalnya ada 34 soal bahasa, berapa waktu ideal kamu bisa menyelesaikan.

  1. Belajar Membaca dan Memahami Soal

Pertama, kamu harus memiliki kemampuan membaca soal dengan teliti dan cermat. Kemampuan membaca soal dan jawaban ini perlu kamu latih terus supaya kamu terbiasa. Semua dilakukan dari membaca untuk memahami, memang perlu waktu dan bertahap. Nah jika sudah terbiasa, mata dan fokus kamu akan lebih cepat menyimak soal. Ingat banyak soal penuh jebakan, kamu perlu waspada dan jangan menyepelekan. Terutama jika kamu menjumpai soal-soal dengan jawaban mirip dan senada. Hindari kebiasaan main tebak-tebakan dalam menjawab.

 

BACA JUGA: Mau Jadi Mahasiswa PKN STAN, Belajar Modul Resmi Ini

 

  1. Latihan Soal-Soal

Untuk dapat melewati nilai ambang batas minimal yang telah ditetapkan untuk masing-masing jenis tes maka kamu harus sering berlatih soal-soal SPMB PKN STAN baik soal-soal tahun sebelumnya dan prediksi soal yang akan keluar (soal yang sering keluar) untuk mengukur daya kemampuanmu menjawab soal-soal tersebut. Misal, pada tes SKD, TIU 30 soal dengan nilai ambang batas 80, TKP 35 soal dengan nilai ambang batas 75, dan TWK 35 soal dengan nilai ambang batas 145. Maka, kamu wajib mencari tahu sistem penskoran dalam SPMB PKN STAN dan harus bisa menentukan berapa jawaban benar yang wajib diperoleh agar bisa lolos dari nilai ambang batas tersebut. Tapi ingat, jangan hanya sekedar lolos dari nilai ambang batas tersebut, sebisa mungkin kamu harus bisa mencapai nilai maksimal yang kamu bisa karena jika hanya sekedar lolos dari nilai ambang batas belum tentu kamu lolos ke tahap tes selanjutnya dikarenakan akan ada pemeringkatan skor dari yang tertinggi sampai yang terendah dan yang diambil tentu saja dari peringkat tertinggi dan jumlahnya disesuaikan dengan kuota yang buka.

  1. Mengikuti Bimbingan Belajar atau Belajar Kelompok

Bagi yang tidak terbiasa belajar mandiri, belajar kelompok dengan beberapa teman bisa menjadi penyemangat buatmu asal serius belajar dan tidak terlalu banyak bermainnya. Atur jadwal misalnya usai pulang sekolah atau ambil waktu sesuai kesepakatan bersama. Dengan belajar kelompok kamu dan bertukar pikiran dan dapat saling mengajari jika ada soal yang tidak dimengerti. Selain belajar kelompok, alternatif lain kamu bisa masuk bimbingan belajar yang khusus pendampingimu belajar soal-soal ujian PKN STAN, namun untuk mengikuti Bimbel seperti ini kamu juga harus menyiapkan dana lebih karena bimbel seperti ini biasanya berbayar.

  1. Mengikuti Try Out

Kamu dapat mengikuti try out sebagai uji coba sebelum mengikuti SPMB PKN STAN yang sesungguhnya. Kamu dapat mengikuti try out gratis dari bimbel-bimbel atau try out dari suatu organisasi atau try out darimanapun yang mengadakan khusus untuk uji coba SPMB PKN STAN. Hasil yang nanti didapat bisa dijadikan bahan evaluasi agar kamu dapat melihat kekuranganmu dan memperbaikinya.

  1. Persiapkan Fisik

Kamu akan melewati serangkain jenis tes, oleh karena itu kamu harus mempersiapkan dirimu sebaik mungkin dan kesahatan tubuh harus kamu jaga. Selain jenis tes tertulis, akan ada tes kesehatan dan kebugaran, tes ini harus kamu siapkan dengan menjaga tubuhmu dengan cara teratur berolahraga dan menjaga asupan makanan bergizi agar kamu dapat melewati jenis tes tertulis dan juga tes kesehatan dan kebugaran.

  1. Miliki Buku Kumpulan Soal-soal SPMB PKN STAN

panduan resmi spmb pkn stanBelajar soal-soal SPMB PKN STAN perlu usaha yang ekstra karena akan sangat banyak jenis soal teks bacaan maupun soal yang banyak rumus dan hitungan. Kertas dan tangan perlu ikut bekerja jadi mata tidak sekadar menyimak saja, oleh karena itu kamu perlu memiliki buku panduan untuk belajar soal-soal SPMB PKN STAN. Tidak perlu bingung yaa ini ada buku yang sangat recommended buat kamu “Modul Resmi SPMB PKN STAN Edisi Superlengkap. Buku ini memiliki ketebalan 600 halaman, dilengkapi bonus CD berisi software SKD CPNS CAT, TOEFL, dan Psikotes, video tutorial, dan aplikasi android yang bisa kamu unduh dari handphone-mu. Isi buku ini lengkap mulai dari informasi penting terkait SPMB PKN STAN, FAQ (FAQ (Frequently Asked Question) atau pertanyaan-pertanyaan seputar PKN STAN yang sering ditanyakan oleh calon mahasiswa seperti kamu, panduan tata cara pendaftaran dan pembayaran serta informasi lainnya. Semua jenis tes ada di buku ini lengkap dengan paket soal dan pembahasannya. Dilengkapi pula dengan tes kesehatan dan kebugaran lengkap dengan model penilaian dan tip serta trik untuk bisa lolos di tes ini.

Yuuk segera persiapkan dirimu dengan berlatih memahami dan mengerjakan soal-soal sebaik mungkin untuk hasil maksimal menjadi mahasiswa/i PKN STAN.

 

Foto: shutterstock.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.