Siap Tempur Menghadapi Tes Psikotes

99 Sukses Menghadapi PsikotesTes psikotes sangat penting dalam seleksi penerimaan karyawan atau lembaga tertentu. Dari tes inilah, perusahaan penyelenggara memperoleh sebuah nilai tes psikologis para pelamarnya. Namun, ketika para pelamar gagal dalam menghadapi psikotes, mereka sering malu, rendah diri, dan menyerah. Padahal, kegagalan dalam sebuah psikotes tidak menunjukkan bahwa seseorang itu tidak pandai.

Banyak faktor yang menunjukkan seseorang yang sebenarnya memiliki kemampuan tinggi ternyata tidak lulus tes. Keberhasilan dalam menjawab perlu Anda tanamkan dalam diri sendiri. Kuasailah tipe-tipe soal yang sering muncul dalam psikotes. Ketika Anda dihujani dengan berbagai bentuk tipe soal, Anda tidak akan pernah khawatir jika telah berlatih mengerjakan soal-soal psikotes sebelumnya.

Latihan memiliki peran yang sangat berpengaruh dalam keberhasilan seseorang dalam tes psikotes. Pasalnya, soal-soal yang diujikan berupa jebakan logika untuk mengetahui ketajaman daya pikir Anda. Padahal, nampak sebagian soal sangat ringan hanya mencari persamaan kata dan perbedaannya. Misalnya, mencari persamaan kata dari “tentatif”, apakah berarti kepastian, sementara waktu, batas akhir, ragu-ragu, atau tidak berubah lagi?

Di antara tes-tes yang diujikan di antaranya tes acak kata, tes lawan kata, tes persamaan kata, tes deret angka, dan tes gambar. Tes acak kata digunakan untuk menguji kemampuan verbal Anda, yaitu dalam memahami dan menggunakan bahasa, baik secara lisan maupun tulisan. Soal-soal yang disajikan berkaitan dengan pembentukan istilah (ungkapan) dan pembentukan kata. Sedangkan tes gambar digunakan untuk menguji kemampuan spasial seseorang, yaitu dalam memahami logika ruang. Tes ini meliputi tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, dan tes identifikasi gambar.

Buku 99% Sukses Menghadapi Psikotes terbitan C-Media ini akan membantu Anda dalam berlatih psikotes. Melalui buku ini Anda akan mendapatkan modal senjata yang membekali mental dan kesiapan Anda sehingga siap tempur menghadapi tes psikotes.

Di dalam buku yang disusun oleh Leonita T ini berisi beragam contoh soal dan pembahasannya yang sering muncul dalam ujian psikotes. Mulai dari tes acak kata, tes analogi, tes persamaan kata, tes diferensial, tes pengetahuan umum, tes deret angka, tes angka berkolom, hingga tes gambar. Selain itu, dilengkapi pula kamus mini ungkapan, istilah, sinonim, antonim, pengetahuan umum, dan pengetahuan alam yang sering diujikan dalam tes psikotes. Semua pembahasan dalam buku ini disajikan secara detail dengan bahasa yang lugas, mudah dimengerti, dan mudah dipahami.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.