Pengumuman Lowongan CPNS 2017 Periode II

Selepas pembukaan dan pendaftaran CPNS 2017 periode pertama dari dua instansi pemerintah (Kemenkumham RI dan Mahkamah Agung RI) pada bulan Agustus 2017 lalu, kini pemerintah kembali membuka lowongan penerimaan CPNS periode dua. Informasi itu diketahui lewat postingan penerimaan CPNS 2017 periode dua, oleh akun twitter BKNgoid dan BappenasRI pada Selasa (5/9/2017) malam. Untuk periode dua ini pemerintah membuka lowongan CPNS di 60 (enam puluh) Kementerian/Lembaga dan 1 (satu) Pemerintah Provinsi, yaitu Provinsi Kalimantan Utara.

Jumlah lowongan/formasi CPNS untuk Kementerian/Lembaga, total sebanyak 17.428 dan formasi untuk pemerintah Provinsi Kalimatan Utara yang merupakan wilayah pemekaran membutuhkan sebanyak 500 formasi. Dari 17.428 formasi CPNS Kementerian/Lembaga, 1.850 diantaranya diperuntukan untuk lulusan terbaik alias cumlaude, 166 penyandang disabilitas, 196 putra/putri Papua dan Papua Barat. Untuk pendaftaran online dan pengunggahan dokumen dapat mulai dilakukan melalui laman: http://sscn.bkn.go.id/ pada tanggal 11 – 25 September 2017.

Mengingat jumlah pelamar Kemenkumham dan Mahkamah Agung yang melamar hingga menjelang penutupan pendaftaran online mencapi 1.137.731 pelamar, maka persaingan ketat dalam seleksi tes CPNS periode 2 ini pun akan sangat ketat bahkan lebih ketat. Oleh karena itu, butuh persiapan dan strategi agar seleksi CPNS yang diikuti berjalan dengan lancar dan impian untuk lulus CPNS 2017 dapat terwujud. Hal pertama yang harus dilakukan selain menyiapkan mental untuk bersaing memperebutkan kursi CPNS adalah mencermati dan memenuhi syarat-syarat yang diminta, mulai dari pendaftaran serta persyaratan lain yang telah ditetapkan agar lolos seleksi administrasi.

Selanjutnya, cermati, pelajari, dan latihan mengerjakan soal-soal Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB), namun ada beberapa instansi dan jurusan tertentu yang tidak memerlukan TKB. Artinya, setelah lolos TKD berarti lolos ujian CPNS. Tes Kompetensi Dasar (TKD) ini akan diujikan secara online dengan berbasis komputer atau yang lebih sering disebut Computer Assisted Test (CAT). Pada tahap Tes kompentensi dasar (TKD) dengan sistem CAT ini pemerintah menetapkan tiga kelompok materi soal, yaitu Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Jumlah soal untuk tahap TKD dengan sistem CAT ini sebanyak 100 soal pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban (A, B, C, D, dan E) dengan 35 soal TKP, 30 soal TIU dan 35 soal TWK.

Modul Resmi Seleksi Masuk Tes CPNS

Selain mencermati jenis-jenis soal yang akan diujikan, latihan mengerjakan soal-soal sangat dibutuhkan agar dapat mengerjakan soal dengan tepat dan cepat. Untuk mendapatkan panduan lengkap terkait tata pendaftaran, kisi-kis tes CPNS, soal-soal terupdate dan ringkasan materi, serta pembahasan tes CPNS 2017 yang mudah dipahami bisa didapatkan dari buku Modul Resmi Seleksi Masuk Tes CPNS Edisi Superlengkap 2017 Sistem CAT. Buku ini hadir sebagai solusi tepat untuk membantu Anda dalam menghadapi tes CPNS 2017 periode dua. Jadi tunggu apalagi, masih ada cukup waktu untuk belajar dan berlatih, segera miliki buku yang super lengkap ini yang akan menjadi bekal berharga bagi Anda agar sukses menghadapi tes CPNS 2017 periode dua.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.