Tip dan Trik Melejitkan Skor TOEFL

Sertifikat kemampuan Bahasa Inggris adalah berkas yang biasanya disertakan ketika melamar kerja atau beasiswa. Banyak tes yang tersedia dan yang paling diminati adalah TOEFL (Test of English as a Foreign Language). Skor yang tertera dalam sertifikat TOEFL menjadi penentu keberhasilan. Semakin tinggi skornya, maka semakin bagus penilaian untuk kemampuan berbahasa inggrismu. Berikut beberapa tip dan trik yang dapat kamu terapkan untuk mendapatkan skor TOEFL yang tinggi.

Tip dan Trik Mendapatkan Skor TOEFL yang Tinggi

  • Mengikuti les TOEFL preparation atau belajar otodidak dari buku preparation yang berkualitas. Pilihlah buku yang menyertakan CD untuk latihan listening.

 

  • Membuat jadwal rutin belajar TOEFL setiap hari minimal 2 jam. Lebih baik rutin walaupun sedikit, daripada tidak sama sekali.

 

  • Sebelum mengambil tes TOEFL, coba ikuti tes simulasi untuk tahu sejauh mana kemampuan dan skor Kamu tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

 

  • Perbanyak menonton film dengan subtitle bahasa Inggris atau mendengarkan musik bahasa Inggris untuk mengasah kemampuan listening. Jadi telinga Kamu bisa lebih familiar dengan conversation dan lebih paham cara pengucapan dan maknanya.

 

  • Pahami setiap instruksi-instruksi dalam TOEFL. Pahami instruksi tersebut dari jauh-jauh hari dan latihan mengerjakan soal-soal sehingga Kamu lebih familiar dan tidak membuang waktu terlalu banyak dan ingat, waktu yang disediakan dalam pengerjaan soal TOEFL cukup singkat maka Kamu harus bisa membuat alokasi waktumu dan strategi pengerjaan soal.

 

  • Saat mengerjakan soal reading, bacalah soalnya terlebih dahulu sehingga Kamu lebih tahu pada paragraf mana Kamu harus fokus. Cara seperti ini lebih praktis karena Kamu tak perlu lagi membaca teks secara keseluruhan.

 

  • Jangan terpaku pada soal yang sulit dipecahkan. Alangkah baiknya Kamu tinggalkan sejenak dan mengerjakan soal lainnya. Jika memang memungkinkan, Kamu bisa mengerjakannya saat ada sisa waktu di akhir sesi.

 

  • Jawaban yang dinilai hanyalah jawaban yang benar. Oleh karena itu jangan biarkan lembar jawabanmu ada yang kosong, karena tidak ada pengurangan nilai dari jawaban yang salah.

 

  • Konsumsi makanan yang sehat dan meningkatkan fokus otak agar skor TOEFL bisa lebih maksimal. Sebelum berangkat tes, pastikan Kamu sudah makan yang cukup supaya lebih fokus saat mengerjakan soal-soalnya.

 

  • Pastikan datang di tempat tes lebih cepat dari waktu mulai tes. Dengan begitu, Kamu bisa merasa lebih relaks, tenang, dan merasa siap untuk mengikuti tes.

 

Referensi Buku TOEFL 

 

masrer toeflUntuk membantu Kamu mendapatkan skor TOEFL yang tinggi, buku Tip & Trik Melejitkan Skor TOEFL Tembus 600+ dapat menjadi pilihan tepat. Di dalam buku ini Kamu akan mendapatkan tip dan trik dalam mengerjakan TOEFL, kumpulan soal latihan TOEFL, serta practice test lengkap. Tidak ketinggalan, Kamu juga akan mendapatkan Bonus CD berisi Audio Listening, Software CBT TOEFL, hingga Aplikasi TOEFL berbasis Android sehingga kamu dapat belajar TOEFL dimana dan kapan saja. Demikian tip dan trik yang bisa dilakukan untuk mendapatkan skor TOEFL yang tinggi. Semoga bermanfaat dan berhasil mendapatkan skor tertinggi.

 

 

 

 

Foto: ShutterStock.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.