Mekanisme Pendaftaran CPNS 2014

Intro-Mekanisme-CPNSMinat masyarakat terhadap profesi Pegawai Negri Sipil tergolong tinggi. Tahun 2014 ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan membuka 100 ribu lowongan CPNS. Ini berarti lebih banyak dibanding tahun 2013 lalu yang hanya membuka 65 ribu lowongan.

Meski ada penambahan formasi CPNS, namun seleksi CPNS 2014 akan lebih ketat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Akan ada 5 jalur dalam perekrutan CPNS, yakni jalur pelamar umum, honorer kategori 2, formasi khusus untuk dokter, seleksi untuk tenaga ahli tertentu yang tidak ada di lingkungan PNS, dan seleksi calon siswa ikatan dinas.

Header-Mekanisme-CPNS

Sumber gambar: https://flic.kr/p/8MhQao

Minat masyarakat terhadap profesi Pegawai Negri Sipil tergolong tinggi. Tahun 2014 ini, Badan Kepegawaian Negara (BKN) akan membuka 100 ribu lowongan CPNS. Ini berarti lebih banyak dibanding tahun 2013 lalu yang hanya membuka 65 ribu lowongan.

Meski ada penambahan formasi CPNS, namun seleksi CPNS 2014 akan lebih ketat dibanding tahun-tahun sebelumnya. Akan ada 5 jalur dalam perekrutan CPNS, yakni jalur pelamar umum, honorer kategori 2, formasi khusus untuk dokter, seleksi untuk tenaga ahli tertentu yang tidak ada di lingkungan PNS, dan seleksi calon siswa ikatan dinas.

Bagi pelamar umum dan tenaga honorer kategori 2 (TH2), dilakukan seleksi melalui Tes Kompetensi Dasar (TKD) dan Tes Kompetensi Bidang (TKB). Pelaksanaan tes untuk pelamar umum menggunakan sistem kombinasi, Lembar Jawaban Komputer (LJK) dan Computer Assisted Test (CAT).

Dengan begitu, diharapkan lahir Pegawai Negeri Sipil yang profesional, berkualitas, dan bertanggung jawab. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka pemerintah akan melaksanakan pendaftaran CPNS secara serentak dan terintegrasi melalui sistem pendaftaran online. Sistem ini diperuntukkan bagi pelamar CPNS yang akan mengisi formasi umum di instansi pusat maupun daerah.

Pelaksanaan tes pelamar umum tidak dipungut biaya apapun, mulai dari pendaftaran online, verifikasi berkas, pelaksanaan ujian hingga pengumuman kelulusan.  

Berikut adalah mekanisme pendaftaran CPNS 2014 yang akan dibuka sekitar bulan Mei hingga Juni 2014.

alur1

Selain mekanisme di atas, Anda juga dapat mengunduh dan mempelajari prediksi soal CPNS tahun 2014 yang akan muncul saat tes nanti.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.