Kesulitan Belajar Pada Siswa

Kesulitan belajar pada siswa ditunjukkan oleh hambatan-hambatan tertentu untuk mencapai hasil belajar, baik bersifat psikologis, sosiologis, maupun fisiologis sehingga dapat menyebabkan prestasi belajar yang dicapainya berada di bawah standar.

 

Faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam belajar dapat dikelompokkan menjadi dua.

  1. Faktor internal

Faktor yang berasal dari individu siswa sendiri, seperti gangguan pada kesehatan, kelainan pada pendengaran dan penglihatan, rendahnya konsentrasi belajar, dan lain-lain.

       2. Faktor eksternal

Faktor yang berasal dari luar diri siswa, seperti kondisi belajar yang tidak kondusif, beratnya beban belajar, dan lain-lain.

Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa

Berdasarkan gejala yang teramati dan faktor penyebab kesulitan belajar, upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa sebagai berikut.

  1. Siswa yang mengalami kesulitan pendengaran dan penglihatan, sebaiknya, mengambil posisi tempat duduk bagian depan. Dengan begitu, dia akan dapat melihat tulisan di papan tulis lebih jelas. Begitu pula dalam mendengar semua informasi belajar yang diucapkan oleh guru.
  2. Siswa yang mengalami gangguan kesehatan, sebaiknya, beristirahat di rumah dengan tetap memberinya bahan pelajaran dan dibimbing oleh orangtua dan keluarga lainnya.
  3. Siswa yang gagal mencapai tujuan pembelajaran akibat gangguan internal perlu ditolong dengan melaksanakan program remedial. Teknik program remedial dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain mengulang kembali bahan pelajaran yang belum dikuasai dan memberikan tugas-tugas tertentu kepada siswa.
  4. Penggunaan alat peraga pelajaran dan media belajar bisa membantu siswa yang mengalami kesulitan menerima materi pelajaran. Boleh jadi kesulitan belajar itu timbul karena materi pelajaran bersifat abstrak sehingga sulit dipahami siswa.
  5. Selain itu, yang tak kalah pentingnya adalah menciptakan suasana belajar kondusif. Suasana belajar yang nyaman dan menggembirakan akan membantu siswa yang mengalami hambatan dalam menerima materi pelajaran.
  6. Siswa yang mengalami kesulitan belajar perlu mendapat perhatian orangtua dan anggota keluarganya. Peran orang tua sangat penting untuk memberikan motivasi ekstrinsik dan intrinsik agar anak mampu memperoleh hasil belajar yang memuaskan. Selain itu, orangtua perlu memerhatikan kesehatan tubuh anak dengan memberikan makanan dan miniman yang bergizi disertai dengan suplemen pembangun tubuh yang cukup.

 

Dikutip dari berbagai sumber

Redaksi CMedia

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.