Inilah Jurusan Favorit Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia

jurusan-favorit-sbmptn-1Jumlah peserta SBMPTN dan SNMPTN tahun 2013 meningkat hampir 100% dibandingkan tahun sebelumnya. Dari dua jalur seleksi tersebut, 1.3 juta peserta telah mengikuti tes. Dari berbagai jurusan yang disediakan masing-masing PTN, terdapat beberapa jurusan favorit yang menjadi pilihan banyak calon mahasiswa.

Try-Out--Prediksi-SBMPTN-Saintek-2014Jumlah peserta SBMPTN dan SNMPTN tahun 2013 meningkat hampir 100% dibandingkan tahun sebelumnya. Dari dua jalur seleksi tersebut, 1.3 juta peserta telah mengikuti tes. Dari berbagai jurusan yang disediakan masing-masing PTN, terdapat beberapa jurusan favorit yang menjadi pilihan banyak calon mahasiswa.

Sebagaimana dilansir, metrotvnews.com, jurusan Sains dan Teknologi menjadi pilihan terfavorit di Indonesia (40%). Sedangkan peringkat kedua, di ditempati oleh jurusan Sosial Humaniora (40%). Sisanya, merupakan jurusan campuran (20%). Beberapa jurusan yang banyak menjadi sasaran di tahun 2013, antara lain Teknik Informatika, Sistem Informasi, Teknik Elektro, dan Kedokteran untuk bidang Sains dan Teknologi. Sementara untuk bidang Sosial Humaniora antara lain Akutansi, Manajemen, Komunikasi, dan Hubungan Internasional.

Sedangkan pada masing-masing daerah dan universitas, terdapat perbedaan tingkat peminat. Misalnya, di Universitas Indonesia (UI), jurusan yang paling banyak diincar ialah Kedokteran, Teknik Kimia, Tekni Indusri, Komunikasi, Hubungan Internasional, dan Akuntansi.

Try-Out--Prediksi-SBMPTN-Soshum-2014Di Universitas Padjajaran (Unpad), jurusan Komunikasi sangat diminati oleh peserta tes. Sedangkan, di Institut Teknologi Bandung (ITB), yang menjadi pilihan favorit ialah jurusan  Teknik Perminyakan dan Pertambangan, Teknik Elektro, dan Teknik Industri. Sementara di Universitas Indonesia (UI), jurusan yang banyak dibidik yaitu jurusan Kedokteran, Teknik Kimia, Teknik Industri, Komunikasi, Hubungan Internasional, dan Akuntansi. Adapun Universitas Negeri Jakarta (UNJ), jurusan yang menjadi minat utama yaitu Pendidikan Keguruan, Komunikasi, Akuntansi, dan Manajemen.

Lain lagi dengan PTN Islam. Di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Fakultas Tarbiyah (Keguruan) paling banyak diminati peserta tes. Kemudian disusul oleh Pendidikan Kedokteran, Teknik Informatika, dan Sistem Informasi. Perbedaan minat ini mungkin didasarkan oleh aspek kebutuhan lapangan pekerjaan yang berbeda-beda pula.

99-lolos-sbmptn-ips-2014Alhasil, apa pun jurusan pilihan Anda saat ini, yang paling penting Anda sudah memiliki persiapan matang dalam menghadapi SBMPTN tahun 2014 ini. Karena itu, jangan lupa selalu mengerjakan soal-soal latihan dan try out untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam mengerjakan soal-soal SBMPTN 2014. Jika Anda membutuhkan media latihan yang tepat, penerbit C-Media telah menerbitkan beberapa buku tentang buku latihan dan persiapan menghadapi SBMPTN dan SNMPTN. Di antaranya sebagai berikut.    

1. Try Out & Prediksi SBMPTN Soshum 2014 (Tim Zero Eduka)
2. Try Out & Prediksi SBMPTN Saintek 2014 (Tim Zero Eduka)
3. 99% Lolos SBMPTN IPS 2014 (Tim Presiden Eduka)
4. 99% Lolos SBMPTN IPA 2014 (Tim Presiden Eduka)
5. 99% Lolos SBMPTN IPC 2014 (Tim Presiden Eduka)

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.