Info Pembukaan Tes Sekolah Kedinasan 2018

Kuliah di sekolah kedinasan adalah impian banyak orang khususnya para siswa/siswi lulusan SMA atau sederajatnya. Hal ini dikarenakan kuliah di sekolah kedinasan yang memiliki ikatan dinas akan mendapatkan biaya pendidikan gratis dan setelah lulus kuliah bisa langsung bekerja. Oleh karena itu, penting bagi calon mahasiswa atau calon taruna untuk mengetahui jadwal pendaftaran dan seleksi sekolah kedinasan karena dengan mengetahui hal tersebut maka kegiatan pelaksanaan dapat terkontrol dengan baik.

Berikut beberapa informasi mengenai pembukaan tes sekolah kedinasan tahun 2018, yaitu:

  1. Pada Tahun Anggaran 2018 akan dibuka penerimaan Calon Siswa-Siswi/Taruna-Taruni pada Kementerian/Lembaga yang mempunyai Lembaga Pendidikan Kedinasan, sebagai berikut:
No Instansi / Lembaga Pendidikan Kedinasan Jumlah yang diterima Waktu Pendaftaran
1 Kemenkeu / PKN STAN 7301  9 – 30 April 2018
2 Kemendagri / IPDN 2000
3 BSSN / STSN 100
4 Kemenkumham / POLTEKIP dan POLTEKIM 600
5 BIN / STIN 150
6 BPS / Politeknik Statistika 600
7 BMKG / STMKG 250
8 Kemenhub / 11 Sekolah Tinggi, Poltek, dan Akademi 2676
  1. Peserta melakukan pendaftaran secara online melalui portal https://sscndikdin.bkn.go.id sesuai dengan penjadwalan tersebut.
  2. Calon peserta hanya boleh mendaftar di salah satu program studi dari 8 instansi/Lembaga Pendidikan Kedinasan tersebut. Apabila mendaftar di 2 program studi atau lebih, maka yang bersangkutan secara otomatis dinyatakan gugur.
  3. Seleksi dilakukan secara bertahap di masing-masing Kementerian/Lembaga. Salah satu tahapan seleksi adalah Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Tahapan seleksi selanjutnya diatur oleh masing-masing Kementerian/Lembaga.
  4. Setiap peserta yang dinyatakan memenuhi syarat untuk mengikuti SKD dikenakan biaya Rp 50.000,- per peserta. Teknis pembayaran akan diatur lebih lanjut.
  5. Untuk Lembaga Pendidikan Kedinasan pada Kemenkeu, Kemenhub, BPS, serta BMKG, selain dipungut biaya tersebut, dipungut pula biaya pendaftaran lain yang diatur oleh masing-masing Instansi/Lembaga Pendidikan Kedinasan.
  6. Peserta dapat mengikuti pendidikan apabila telah dinyatakan lulus keseluruhan tahapan seleksi.
  7. Pengangkatan menjadi CPNS dilakukan setelah dinyatakan lulus pendidikan serta memperoleh ijazah.

Demikian informasi mengenai pembukaan tes sekolah kedinasan tahun 2018 ini. Jika kalian berminat, segeralah mencari info lebih lanjut. Semoga bermanfaat. 🙂

 

Foto: Shutterstock.com

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.